Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Dalam rangka mengatisipasi penimbunan dan ledakan sampah rumah tangga ,Dinas Lingkungan Aceh Tamiang (DLH) menerapkan sistem pengelolaan sampah rumah tangga dengan sistem 3 R (reduce, reuse dan rescyle ) melalui metode composer dan steam (Pasar Cost ).

"Hampir 60 % penimbunan sampah yang terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang saat ini berasal dari sampah rumah tangga. Melalui sistem pasar cost, sampah rumah tangga akan menjadi nol karena sampah rumah tangga organik dapat dijadikan pupuk kompos padat dan pupuk kompos cair.

Sedangkan sampah rumah tangga an organik seperti plastik dapat di jadikan bahan bakar minyak ," ungkap Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang Hendra Purnama, SE kepada TamiangNews,Jumat (6/10).

Menurutnya,untuk menerapkan inovasi ini ,Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Aceh Tamiang baru-baru ini melaksanakan sosialisasi sistem pasar cost di kecamatan karang Baru. Sosialisasi tersebut diikuti oleh 29 Datok Penghulu , Ka Puskemas dan Koramil Karang Baru.

"Saat ini ada dua kampung di kecamatan Karang Baru yakni kampung Pahlawan dan Kampung Tanah Terban yang sudah menerapkan sistem pengelolaan sampah rumah dengan sistem 3 R (reduce, reuse dan rescyle ) melalui metode composer dan steam (Pasar Cost ).

Karena dinilai sangat bermanfaat, program ini akan di kembangkan di kampung-kampung lainya melalui alokasi dana desa masing masing kampung ," ungkap Hendra.

Hendra menambahkan dengan penerapan inovasi sistem pasar cost sampah rumah tangga bukan lagi musuh bagi masyarakat, tapi sampah rumah tangga dapat dimanfaatkan dan akan menjadi sumber penghasilan.

“Sampah memang berbahaya jika tak ditangani dengan baik. Tapi dengan penanganan yang baik, sampah justru bisa dijadikan sahabat dan sumber penghasilan ," ungkapnya. [] TN-W004

Teks Photo : Kepala Bidang (Kabid ) Persampahan dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang Hendra Purnama ,SE sedang memberikan materi pada acara sosialisasi sistem Pasar Cost baru baru ini diaula kantor Camat Karang Baru (M.Hendra Vramenia/Dok.TamiangNews.com).

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.