Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Puluhan Veteran pasukan Mujahidin ikut serta dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke 72 Kamis (17/08) yang dilaksanakan di lapangan tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang.

Pernah menjadi tentara mujahidin saat perang kemerdekaan melawan penjajah Kolonial Belanda dan juga turut melawan Jepang saat Belanda kalah perang dunia kedua tahun 1942, kemudian Jepang menguasai Indonesia sebagai tanah jajahannya adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi para Veteran ini.

Tepat pada tahun 1945 Indonesia merdeka, perang dianggap usai, penjajah Jepang yang sudah masuk ke negara Indonesia selama tiga tahun pasca kekalahan kolonial Belanda hengkang dari bumi pertiwi, setelah dinyatakan kalah pada Perang Dunia ke 2 dalam perang mempertahankan kemerdekaan.

Salehkad (99) mengatakan bahwa dirinya pernah terlibat perang melawan Belanda dan kebetulan dirinya memimpin sebagai Komandan Regu Pasukan "Gorila Malam" dengan berjumlah 27 orang dalam satu regu, mereka yang direkrut hampir dari seluruh Kampung dan Desa di Aceh Timur dan Pasukan ini dipimpin oleh Komandan Kompi yang bernama Pak Amin.

Selain salehkad (99) ada juga veteran lain yang TamiangNews jumpai dan veteran yang satu ini adalah seorang juru masak dapur umum di Kompi pasukan Mujahidin yang terletak di Desa Simpang IV opak, M. Yakobs (95), dianya seorang juru masak dapur umum sendiri yang masih hidup sedangkan juru masak yang lain nya telah meninggal dunia dan dimakamkan di pemakamam pahlawan di Desa Pahlawan Kecamatan Karang Baru.

Salehkad dan M. Yakob juga sempat mengatakan kepada TamiangNews.com bahwa mereka merasa bangga menjadi pahlawan veteran akan tetapi perhatian terhadap mereka sepertinya kali ini menurun, di masa jabatan Bupati Abdul Latif mereka biasanya mendapatkan Santunan Uang tunai sebesar Rp. 300.000 per orang dan mendapatkan pakaian Seragam Veteran lengkap tiap tahunya tapi kali ini tidak ada sama sekali.

"Tapi tidak masalah buat kami yang penting untuk para pemuda penerus bangsa bahwa jagalah kesatuan dan persatuan negeri ini jangan sampai para penjajah dan kafir kembali menguasai Tanah Rencong kita tercinta ini'', imbuh veteran ini dengan semangatnya. [] TN-W008

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.