Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, MUARA BATU -- Mahasiswa KKN PPM Unsyiah melaksanakan program utama di Gampong Meunasah Pinto, Kabupaten Aceh Utara. KKN PPM sendiri merupakan KKN Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat yang dibuat oleh perwakilan dosen dari institusi perguruan tinggi.

KKN PPM ini memilki program utama yaitu “ Pemberdayaan Masyarakat Peternak Melalui Penerapan Teknologi Fermentasi Complete Feed Berbasis Limbah Pertanian dan Industri Pertanian di Muara Batu”.

Program ini dipimpin oleh prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc dari Fakultas Peternakan Unsyiah. Tujuan dari program ini adalah untuk pemberdayaan masyarakat peternak dengan cara pembuatan pakan pemanfaatan hasil limbah pertanian dan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan swasembada daging di daerah.

Mahasiswa KKN PPM 07 yang di tempatkan di Gampong Meunasah Pinto Senin (14/08) melaksanakan program pembuatan complete feed dari bahan baku limbah pertanian. Kegiatan ini dihadiri dan di saksikan oleh masyarakat Gampong Meunasah Pinto, program yang di laksanakn mulai pukul 08.00 - 12.00 Wib disambut sangat baik oleh masyarakat Gampong Meunasah Pinto.

Rahmat Kartolo yang berperan sebagai Penyuluh Peternakan di Kecamatan Muara Batu menyampaika bahwa complete feed ini berguna sebagai pakan alternatif pada saat musim panceklik yaitu musim hujan, musim kemarau dan pada saat masyarakat banyak turun ke sawah.

Complete Feed ini merupakan pakan yang dapat di buat dengan bahan – bahan yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bahan – bahan yang dapat di gunakan dalam pembuatan complete feed diantaranya yaitu sagu, dedak, onggok, bungkil sawit, molases, EM4 dan juga mineral.

“Kami sangat berharap masyarakat dapat mengaplikasikan kembali ilmu yang telah mereka dapatkan hari ini, sudah saatnya masyarakat mampu membuat pakan alternatif sendiri sebagai upaya peningkatan kualitas pakan ternak dan menjadikan Aceh Utara sebagai lumbung sapi terbesar di Aceh”, pungkas salah satu mahasiswa KKN yang ikut dalam kegiatan ini. [] TN-Red

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.