Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, LANGSA -- Pembangunan runway atau landasan pacu itu dibangun secara mendadak khusus untuk persiapan mendaratnya Pesawat Pribadi Milik Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang dijadwalkan akan tiba di Langsa untuk melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Usman Abdullah-Marzuki Hamid pada Senin (28/8).

‎Pembangunan Landasan Pesawat tersebut di buat di Lokasi Kawasan Industri Kuala Langsa, Kota Langsa. Pembangunannya masih ditanggulangi oleh pihak ketiga yang dipercayai oleh Dinas Pekerjaan Umum Langsa menggunakan modal pribadi, kata Kabid Binamarga Pekerjaan Umum Kota Langsa Maulizar, ST sabtu (26/08).

Landasan pacu itu dibangun oleh pihak ketiga selaku mitra Pemerintah Kota Langsa setelah adanya rapat khusus antara Dinas Perhubungan Aceh dengan Pemerintah Kota Langsa beberapa waktu lalu. Dinas Pekerjaan Umum Kota Langsa melalui pihak ketiga membangun landasan pacu itu hanya menindak lanjuti permintaan Dinas perhubungan Aceh.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Langsa, Maulizar, ST yang dipercaya untuk mengawal proses persiapan pembangunan landasan pesawat itu mengatakan, bahwa yang dilukukan ini sudah dapat digunakan untuk mendarat pesawat Gubernur Aceh Irwandi Yusuf nantinya, karena pesawat itu tidak begitu besar.

Dan menurut teknisi Bagian Pembangunan Udara Aceh Firdaus, ST Landasan Peswat ini sudah bisa untuk mendarat walaupun tidak memakai Aspal. "Kami gunakan untuk pelekat Batu Base saja yaitu pelingkut dari Aspal itu", kata Maulizar ST.‎

Runway atau tempat Landasan Pacu dibangun dengan cara ditingkatkan menggunakan Base A dengan ketebalan 12-15 centi meter kemudian dilakukan pemadatan serta Prime coast lalu dihampar pasir di atasnya. Panjang landasan yang dibangun sekitar 700 meter dengan lebar 10 meter. Pekerjaan tersebut sudah dimulai sekitar 15 hari yang lalu dan saat ini sudah selesai dikerjakan dan sudah dapat di gunakan untuk mendarat Pesawat.

Yang hadir melihat Pembangunan Landasan Pesawat tersebut pada sabtu (26/8) adalah Wali Kota Langsa Usman Abdullah, Sekda Kota Langsa Syahrul Thaib, Firdaus, ST sebagai teknisi Perhubungan Udara dan juga Bagian Pembangunan Udara Aceh dan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Langsa, Maulizar, ST. [] TN-Hartoe

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.