Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, ACEH SELATAN -- Kabar mengejutkan dirilis oleh para aktivis Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa). Mereka mengklaim telah menemukan salah satu bendera yang diduga asli peninggalan kerajaan Aceh di Trumon, Kabupaten Aceh Selatan.

Ihwal penemuan bendera-bendera yang sepintas terlihat asli ini diketahui dari 15 foto yang dibagikan oleh Irfan M Nur ke grup MAPESA "MASYARAKAT PEDULI SEJARAH ACEH" di Facebook.

Irfan M Nur merupakan salah satu aktivis Mapesa yang ikut dalam ekspedisi yang diberi tagar MuhammadGhauts itu.Sayangnya, tidak banyak penjelasan yang menyertai foto-foto tersebut.

Dalam keterangan yang menyertai ke-15 foto itu, Irfan hanya menulis "Bendera (alam) Aceh Darussalam disimpan oleh keluarga Teuku Raja Aceh (Raja Ade) di Trumon, Aceh Selatan. Kondisi fisik bendera ini terlihat original.

"Hingga Selasa (22/8/2017) pukul 10.30 WIB, foto-foto yang diunggah pada Senin (21/8/2017) pukul 14.49 WIB, mendapatkan 233 tanggapan, 25 kali dibagikan, dan delapan komentar.

Belum ada netizen yang meragukan keaslian bendera tersebut. Salah satu netizen, Wahyu R. Soemitra Wijaya menulis "pedang zulfikar dalam tafsiran orang nusantara, banyak mempengaruhi dalam bendera-bendera.."

Netizen lainnya menulis bahwa bendera itu adalah bendera kerajaan, bukan mas kesultanan. "Nyan masa kerajeun, kon masa sultan," tulis pemilik akun Renal Naldi.

SementaraZahrotan Mazanny berharap agar suatu hari kelak, bendera ini akan berkibar kibar kembali di negeri Pasei/Aceh Darussalam. [] tribunnews.com, foto : ilustrasi harianriau.co

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.