Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KESEHATAN -- Berapa kali Anda mandi setiap hari? Minimal 1-2 kali. Hidup di negara tropis seperti di Indonesia memang membuat kita merasa kotor oleh keringat dan debu. Tapi, tahukah Anda bahwa mandi setiap hari tidak baik bagi kesehatan.

Berikut beberapa alasan mengapa mandi setiap hari lebih buruk daripada tidak mandi sama sekali dilansir Meet Doctor setelah ditinjau oleh dr Adnan Yusuf:

1. Memicu jerawat dan penyakit lain
Manusia memiliki sesuatu yang disebut microbiome, yaitu kumpulan bakteri, virus dan mikroba yang hidup di tubuh kita. Mikrobiome ini pada dasarnya seperti ekosistem kulit Anda, dan gangguan terhadapnya (seperti mandi setiap hari) dapat menyebabkan jerawat. Tak hanya itu, ketidakseimbangan ekosistem mikroba itu dapat menyebabkan penyakit, sistem kekebalan tubuh, pencernaan, bahkan jantung.

2. Kulit menjadi kering
Saat mandi, Anda menggunakan sabun dan exfoliant yang bisa membuat kulit terasa dan terlihat kering. Itu karena, ketika air menguap dari tubuh Anda, itu menghilangkan banyak kelembapan kulit.

3. Merusak rambut
Setiap hal yang ada di tubuh kita, terkait satu sama lain. Jadi, jika Anda merusak kulit, maka Anda akan merusak rambut dan kuku juga.

Sekali lagi, saat mandi setiap hari, Anda membersihkan kulit dari minyak alami yang dibutuhkan tubuh. Rambut Anda juga kemungkinan menjadi lebih berminyak, karena mandi setiap hari.

Bila Anda sering mencuci rambut, kulit kepala akan mengalami kelebihan produksi minyak, menghasilkan lebih banyak minyak untuk menebus kekurangan minyak yang Anda cuci setiap hari. Cobalah latih rambut Anda untuk memproduksi minyak secukupnya.

Caranya, tidak keramas selama beberapa minggu, rambut Anda memang akan berminyak, tapi tubuh akan menyamakan kedudukan dengan tidak memproduksi minyak secara berlebihan.

Dengan berbagai ulasan tersebut, maka Anda mungkin perlu mengurangi waktu mandi Anda menjadi tiga kali dalam seminggu. Lagi pula dengan tidak mandi setiap hari, Anda sudah menghemat air dan ikut menyelamatkan dunia dari kekurangan air. Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini. [] suara.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.