Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Sebanyak 39 kampong (desa) dari 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang dijadwalkan akan melaksanakan pemilihan datok penghulu (kepala desa) secara serentak pada esok hari tanggal 24 Agustus 2017.

Pemilihan ini dilaksanakan karena sebagian Datok Penghulu sudah habis masa jabatannya dan ada juga yang meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampong, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMKPPKB) Aceh Tamiang Tri Kurnia, kepada TamiangNews , Rabu (23/8).

“Pildatok dilakukan esok hari tanggal 24 Agustus 2017 secara serentak. Saat ini, semua tahapan sudah berjalan sesuai dengan scheldule yang di tetapkan , yang dimulai dari tahapan sosialisasi pemilihan sampai tahapan penyebaran undangan kepada pemilih sudah selesai dilaksanakan “, jelasnya.

Menurut Tri Kurnia berdasarkan Surat Bupati Aceh Tamiang Nomor 140/4230 tentang pelaksanaan pemilihan datok penghulu,dijelaskan bahwa tahapan Pildatok dimulai tanggal 9 Juni, sampai penerbitan SK Pengangkatan Datok Penghulu oleh Bupati serta pelantikan Datok terpilih yang dijadwalkan akan dilaksannakan pada tanggal 26 September sampai 10 Oktober 2017 mendatang.

Adapun Kampung yang akan melaksanakan pemilihan datok penghulu terdiri 9 kampung di kecamatan Manyak Panyed yakni kampong Pahlawan, Matang Cincin, Lhok Medang Ara, Simpang Lhee, Tanjung Neraca, Krueng Sikajang, Matang Ara Aceh, Geulanggang Merak dan Kampung Alue Ie Puteh.

Untuk Kecamatan Kejuruan Muda ada Lima kampong yang mengelar pildatok yakni kampung Perkebunan Sungai Liput, AlurSelebu, Purwodadi, Seumadam,Geremgan.

Selanjutnya untuk kecamatan Tamiang Hulu ada tiga kampung yang mengelar pildatok yakni kampung Bandar Khalifah, Rongoh dan kampung Harum Sari. Di kecamatan Banda Mulia ada dua kampung yakni kampung Paya Rahat, dan Alur Nunang .

Ada sembilan kampung untuk kecamatan Karang Baru yakni kampung Sukajadi Paya Bujok, Alue Lhok, Perkebunan Tanjung Seumentoek, Perkebunan Afdeling Seleleh, Perkebunan Bukit Keranji, Perkebunan Tanah Terban, Alur Selalas, Dalam, dan kampung Simpang IV.

Untuk kecamatan Kota Kuala Simpang terdiri dari satu kampung yakni kampung Bukit Tempurung, Kecamatan Seruway terdiri dari Dua kampung yakni Sungai Kuruk III dan Kampung Kuala Pusung Kapal, Kecamatan Bandar Pusaka terdiri dari satu kampung yakni kampung Sunting .

Untuk kecamatan Tenggulun diikuti oleh dua kampung yakni kampung Tenggulun dan kampung Tebing Tinggi serta 2 kampung untuk kecamatan Sekrak yakni Kampung Suka Makmur dan kampung Juar.

Sedangkan untuk kecamatan Rantau ada tiga kampung yang melaksanakan pildatok yakni kampung Durian, Benua Raja dan kampung Alur Cucur.

Lebih lanjut Tri Kurnia mengatakan untuk kesuksesan pelaksanaan Pildatok yang berkualitas, pihaknya berharap warga benar-benar memilih calon pemimpimpin mereka sesuai hati nurani.

“Panitia Pildatok dimasing-masing kampong juga diminta bekerja maksimal dan benar-benar netral, tanpa memihak salah satu calon. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan pascapemilihan.

Siapapun datok terpilih, itulah pilihan warga yang harus diterima dan didukung demi kemajuan dan persatuan kampung itu sendiri,” ujarnya.

Dijadwalkan tim yang di pimpin oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang

Drs. Iskandar Zulkarnaern dan didampingi oleh Sekretaris Daerah, Ka. Kesbang Pol, Kabag Tapem, Kabag Hukum dan kasie Tata Pemerintahan Mukim dan kampung akan meninjau pelaksanaan pildatok di tiga kampung Kecamatan Rantau yakni kampung Alur Cucur, Durian dan Kampung Benua Raja. [] TN-W004

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.