Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU – Air terjun Alur Batu merupakan salah satu destinasi tersembunyi yang ada di Dusun Gunung Pandan Kampung Selamat Kecamatan Tenggulun.

Kampung Selamat Dusun Gunung Pandan merupakan salah satu Kampung wisata yang ada di Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang.

Bagaimana tidak, setiap akhir pekan dan hari libur selalu dipadati pengunjung yang berasal dari berbagai daerah, baik itu dari Kabupaten Aceh Tamiang bahkan wisatawan dari daerah luar.

Bukan hanya wisata pemandian yang ada di Gunung Pandan, tapi ada satu lagi wisata yang tersembunyi yang belum banyak para wisatawan tahu, sebut saja air terjun Alur Batu.

Air terjun Alur Batu ini terletak di Kaki Bukit Awang-awang dan masih di kawasan Gunung Pandan juga, air terjun tersebut pertama ditemukan oleh masyarakat yang berkebun di daerah kaki bukit awang-awang tersebut.

Salah seorang petunjuk jalan (Guide) Warimin bercerita kepada TamiangNews.com Minggu (13/08), untuk menuju ke sana harus jalan kaki sekitar 30 menit lebih dengan keadaan jalan yang sungguh sangat ekstrem dan menantang, ujar Warimin.

Disambungnya belum banyak yang tahu air terjun tersebut, bahkan ada satu air terjun lagi namanya air terjun Ekor Kuda yang lebih indah lagi, akan tetapi akses jalan ke sana bisa mencapai 60 menit lebih, dan aksesnya masih sangat rusak, ungkap Warimin.

Mendapati informasi tersebut Tim TamiangNews.com mencoba mengunjungi tempat tersebut, dan benar adanya bahwa untuk menempuh perjalanan ke air terjun alur batu tersebut sungguh penuh perjuangan, dengan kondisi jalan bebatuan dan semak belukar serta harus menempuh jarak kurang lebih 30 menit berjalan kaki dan akhir nya kami tiba di air terjun tersebut.

Sungguh sangat luar biasa dan sangat indah ternyata benar adanya seperti apa yang disampaikan bahwa air terjun Alur Batu memang sungguh sangat indah dengan tinggi hampir 8-10 meter dan terbelah dari reruntuhan kayu damar yang sudah berusia 30 tahun lebih sehingga menambah keindahannya.

Ada satu air terjun lagi yang diberi nama Air Terjun Ekor Kuda, akan tetapi untuk mencapai ke air terjun tersebut harus berjalan kaki hampir 60 menit lagi dengan akses yang lebih ekstrem lagi dari Air Terjun Alur Batu tersebut.

Ini membuktikan bahwa masih banyak aset wisata yang tersembunyi dan belum tersentuh dan perlu perhatian agar menjadi sebuah aset yang bisa dibanggakan. [] TN-W012

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.