Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, TENGGULUN -- Sejumlah warga Kampung Tenggulun Kecamatan Tenggulun mendesak pemerintah serta intansi terkait untuk segera menghentikan kegiatan penambangan galian C yang diduga ilegal yang beroperasi di Kampung Tenggulun. Desakan dimaksud juga diringi dengan permintaan pengusutan dari penegak hukum terhadap pengusaha serta oknum perangkat Kampung yang ikut bermain dalam bisnis abu abu tersebut.

Desakan penghentian kegiatan dan pengusutan secara hukum itu disampaikan warga Dusun Adil Makmur I Kampung Tenggulun Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang, Nurman (64), Juari dan Nurdin. Mereka mendesak agar pelaku serta aktor yang terlibat dalam usaha tambang galian C yang diduga berbau haram.

“Kami meminta kepada penegak hukum agar segera menyelidiki legalitas PT Bohana Putra serta pemilik galian C yang mengatasnamakan usaha perseorangan tersebut. Usut mereka sampai tuntas, kalau memang terbukti usahanya ilegal, proses dan tindak tegas secara hukum”, ujar Nurman kepada TamiangNews, Minggu (23/07) di Karang Baru.

Lebih lanjut Nurman menyatakan, pihak pengusaha galian C dan oknum perangkat Kampung yang diduga terlibat dalam bisnis galian C terbukti tidak memikirkan dampak negatifnya yang ditimbulkan dari kegiatannya tersebut. Terutama mengenai dampak kerusakan DAS dan lingkungan.

Sementara itu, Juari juga menyebutkan pernyataan sama atas adanya usaha galian C yang menggunakan alat berat eskapator (beko) tersebut sangat besar membawa dampak yang merugikan warga sekitar. Juari menyikapi agar para biang dan pengusahanya ditindak secara hukum. Hal itu diungkapkan Juari karena dipicu rasa menyesalnya atas adanya pengusaha galian C yang beroperasi di sekitar lahan miliknya yang kini terancam erosi.

Pantauan Tamiang News, di lokasi titik pengorekan batu oleh perusahaan berbadan usaha maupun atas nama perseorangan telah membawa dampak yang merugikan warga pemilik lahan. Tidak sedikit tanaman pohon kelapa sawit amblas ke dasar sungai akibat erosi yang disebabkan adanya galian C dimaksud. [] TN-W013

Foto : Salah satu lokasi pengambilan galian C di Sungai Rengas.

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.