Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Sekolah Dasar Negeri 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang berdiri tahun 1948, tiga tahun setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.Sederet prestasi telah ditoreh oleh siswa-siswi sekolah ini. Tidak jarang prestasi yang diraih merambah hingga tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

Tahun 2017 ini, siswi SD Negeri 1 Karang Baru ditetapkan sebagai wakil Aceh pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang studi Matematika di Pekanbaru, Riau. Prestasi ini diraih setelah 69 tahun dari berdirinya sekolah tertua di Aceh Tamiang ini.

Perjalanan panjang itu akhirnya membuahkan hasil. Dimulai pada tanggal 28 Februari 2017,salah satu siswi kelas lima Shafeera Shireen Arifasari diikutkan pihak sekolah pada pagelaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat UPTD IV Karang Baru dan memperoleh peringkat kedua serta selanjutnya mengikuti Olimpiade tingkat kabupaten yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Percontohan.

Pada kompetisi ini siswi pemilik berat badan 43 kg ini meraih peringkat ketiga. Dengan peringkat ketiga ini Shireen dapat mengikuti kompetisi OSN tingkat provinsi yang diselenggarakan di Banda Aceh.Pelaksaaan OSN tingkat Provinsi mengambil tempat di Hotel Grand Aceh Syariah, Lamdom, Banda Aceh pada 4-6 April 2017. OSN tingkat provinsi ini diikuti oleh 69 orang peserta bidang studi Matematika dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Aceh.

Putri dari pasangan Husni Arifin dan Puput Mayasari ini berhasil meraih prestasi sebagai juara pertama. Hal itu ditandai dengan tropi dan piagam penghargaan nomor 426.3/B.3/450/2017 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Aceh pada tanggal 20 Juni 2017.

Bermodalkan prestasi yang telah diraihnya, siswi yang memiliki hobi membaca ini ditetapkan sebagai wakil provinsi Aceh untuk mengikuti kompetisi yang sama di tingkat Nasional di Pekanbaru, Riau pada 2-8 Juli 2017. Keputusan itu berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 1378/D2/TU/2017 tanggal 2 Juni 2017.

Olimpiade Sains Nasional tahun 2017 yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau ini merupakan penyeleggaraan Olimpiade yang ke-16. Olimpiade ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Efendi dan diikuti oleh 1.280 siswa, terdiri dari 204 siswa SD/MI, 396 siswa SMP/MTs, dan 680 siswa SMA/MA. Jumlah keseluruhan partisipan OSN tahun 2017 sebanyak 2.024 orang yang terdiri dari siswa, pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah.

Para peserta OSN sendiri akan berlaga dalam 11 bidang perlombaan yaitu Matematika, IPA, IPS, Informatika/Komputer, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi dan Ekonomi. OSN 2017 ini memperebutkan 420 medali, terdiri dari 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.

Para juara selain mendapatkan medali, juga mendapat uang pembinaan dan piagam penghargaan serta akan dinominasikan untuk diikutsertakan pada Olimpiade Sains tingkat Internasional. Pelaksanaan OSN 2017 mengambil lokasi di beberapa tempat seputar kota Pekanbaru seperti SMP Darma Yudha, SMA 1, SMA 8, SMK Labor, SMA Plus Riau, SMA Cendana, Universitas Negeri Riau, Politeknik Caltek Riau, dan aula Hotel Furaya.

Sebelumnya,siswi yang biasa dipanggil Shireen ini pernah juga diorbitkan mengikuti ajang yang sama sewaktu masih duduk di kelas empat. Saat itu ia berhasil meraih peringkat ketiga pada OSN tingkat UPTD IV Karang Baru. Tangan dingin guru walinya, ibu Mardiani yang mengantarkan Shireen dapat mengikuti perlombaan bergengsi ini.
Lulus dari tingkat UPTD, Shireen mengalami kegagalan di tingkat Kabupaten. Kondisi kesehatan mempengaruhinya kala itu. Shireen mengikuti kompetisi OSN Kabupaten dalam kondisi kesehatan yang buruk, dan ini menyebabkan kegagalannya untuk bisa berkonsentrasi penuh. Tidak berpantang surut, setahun kemudian saat menduduki kelas lima, siswi pindahan dari Sekolah Dasar Pangkalan Susu, Langkat ini kembali diikutsertakan pada OSN tahun 2017. [] TN-W004 (M. Hendra Vramenia)

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.