Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Serai merupakan herbal yang serbaguna yang biasa dimanfaatkan dalam produk kecantikan, produk pembersih, pengobatan homeopati dan juga bumbu makanan.

Martobat (38) seorang honorer PDPK di salah satu instansi yang juga seorang petani serai di Aceh tamiang, kepada TamiangNews.com Sabtu (22/07) menuturkan, penanaman serai sangat mudah, yang penting digunakan bibit yang unggul dan dilakukan perawatan rutin yang sederhana selain itu Serai juga termasuk tumbuhan yang tahan terhadap penyakit walaupun di tanam ditempat yang jauh akan air.

"Alhamdullillah saya manfaatkan lahan perkantoran yang belum di bangun kantor dan juga pinggiran jalan perkantoran untuk menanam serai selain menghasilkan juga dapat membersihkan lahan dari semak belukar", ujar Martobak.

Harga Serai Di pasaran pun cenderung Stabil, pada bulan ini Martobat menjual Serai nya ke Agen dengan harga bekisar Rp 1500 sampai Rp 2000 perkilogram nya akan tetapi seminggu sebelum hari-hari besar seperti Hari raya Idul Adha dan hari-hari besar lain nya terjadi peningkatan harga pada serai hingga mencapai 5000 perkilogram nya.

Selain Martobat masih banyak juga Petani-Petani serai lain nya yang membudidayakan tanaman Herbal dan juga penyedap bumbu masakan ini di Aceh Tamiang ini apalagi sekarang ini mereka juga membudidayakan Serai wangi dan juga serai merah yang harganya mayoritas lebih tinggi, harga minyak serai wangi ini mencapai Rp 100.000 hinga Rp 200.000 per liter nya

"Jadi buat para Pemula mungkin yang ingin menanam Serai silahkan anda coba bertani tetumbuhan ini dikarenakan selain menguntungkan juga mudah dalam penanamannya", ujar pria bertahi lalat di pipi ini. [] TN-W008

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.