Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Ramai dan seru, begitulah suasana yang terekam dalam ajang kontes burung berkicau Jamboe Jamee Cup yang digelar di halaman Cafe Jamboe Jamee yang terletak di Jalan Medan-Banda Aceh Kampung Johar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (23/07).

Ya, event tersebut setidaknya menjadi kontes burung berkicau paling meriah di bulan Juli ini. Kemeriahan kontes burung berkicau itu bisa dilihat dengan hadirnya ratusan pencinta burung dari berbagai kota, di antaranya berasal dari kota Tangkahan, Binjai,Tanjung Pura, Lhokseumawe,Langsa dan Aceh Tamiang. Mereka tampak sangat antusias mengikuti jalannya kontes.

Setidaknya ada 13 jenis burung yang mengikuti perlombaan ini, seperti Murai Batu Ekor Putih, Kacer, Murai Batu Ekor Hitam, Love Bird, Cucak Hijau Polos, Kenari, Kampas Tembak, Cucak Hijau KK, Murai Batu Campuran, Gelatik Batu, Cak Ranting, Srindit, Gelatik dan Colibri. Ada tiga kategori yang dilombakan, yakni Irama lagu, durasi, dan ketenangan. Terlihat persaingan ketat dan riuh gemuruh setiap babak lomba yang dipertandingkan.

Tidak hanya antusias para peserta, animo masyarakat yang sengaja datang hanya untuk melihat tampak mewarnai kemeriahan sepanjang kontes. Para peserta yang keluar sebagai juara mendapatkan hadiah berupa uang tunai, tropi, doorprize dan mendapat sertifikat sesuai kategori juara burung berkicau.

Ketua Panitia Jamboe Jamee Cup David kepada TamiangNews, Minggu (23/7) mengatakan, selain untuk menguji kemampuan mental dan kicauan burung,kontes ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan menambah wawasan bagi sesama penghoby burung berkicau.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali perburungan yang ada di provinsi Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang dan sekitarnya, sekaligus dapat menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan para pencinta burung berkicau, semoga kedepannya bisa eksis lagi", ungkap David.

Salah satu peserta lomba, mengatakan kontes ini sangat baik selain untuk meningkatkan nilai kualitas burung, kontes ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para peserta kontes burung berkicau. [] M. Hendra Vramenia (TN-W004)

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.