Dilihat 0 kali

‎TamiangNews.com, LANGSA -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Langsa mengimbau kepada peserta JKN-KIS agar tidak lupa membawa kartu JKN-KIS saat mudik Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut perlu dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Dengan adanya kartu JKN-KIS, para peserta yang sedang mudik dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana" kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Langsa, dr. Zoni Anwar Tanjung kepada sejumlah wartawan, Kamis (15/6).

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik, sambung Zoni Anwar, mereka dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Zoni menuturkan, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif. Oleh karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayarnya agar status kepesertaannya selalu aktif", kata Zoni.

Untuk mengecek iuran, tambah Zoni, peserta dapat melakukan langsung melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

"BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan" sebut Zoni. [] M. Hendra Vramenia (TN-W004)

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.