Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, BANDA ACEH -- Anda harus berobat di rumah sakit di luar alamat tempat tinggal sesuai identitas, maka khusus pada 19 Juni-2 Juli 2017 tak perlu khawatir. Pasalnya BPJS Kesehatan melayani peserta JKN-KIS di semua RS yang bekerja sama BPJS se-Aceh tanpa harus membawa surat rujukan, tetapi cukup menunjukkan kartu peserta JKN-KIS dan tanda pengenal serta tanpa harus melapor ke Kantor BPJS setempat.

Demikian inti informasi disampaikan empat pejabat BPJS se-Aceh dalam konferensi di daerah masing-masing, Kamis (15/6).

Mereka adalah Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Rita Masyita Ridwan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Zoni Anwar Tanjung, Kepala BPJS Cabang Meulaboh Aldiana, dan Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan Kantor Cabang Tapaktuan, Kurnia Idaman Kalbuadi Harahap.

Menurut mereka, ini program untuk mempermudah peserta yang sedang mudik. Karena itu para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbauagar selalu membawa kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, Kartu Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh/JKRA, dan Kartu Jamkesmas.

“Peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit tertentu yang ditunjuk BPJS Kesehatan, khusus untuk pelayanan selama masa mudik Lebaran 2017,” kata Rita Masyita Ridwan didampingi Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan, Cut Novarita dan Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan, Maryadi Usman.

Rita Masyita menyebutkan di Aceh ada 33 rumah sakit yang ditunjuk oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan khusus selama masa libur Lebaran itu (19 Juni-2 Juli 2017). Di samping RSUD, juga RS swasta yang bekerja sama BPJS Kesehatan.

Rita mengatakan kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan itu hanya berlaku pada tanggal yang sudah ditetapkan tersebut, setelah itu akan berlaku seperti biasa lagi.

“Karena itu, mohon agar peserta memastikan sudah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” imbaunya.

Iuran peserta dapat dicek melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan mobile atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Selain itu, kata Rita selama libur Lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Layanan BPJS Kesehatan Care Center hadir 7x24 jam. Sedangkan khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh, Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB.

“Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya tambahan dari peserta,” ujarnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Rita Masyita Ridwan menambahkan untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan, maka BPJS Kesehatan telah menciptakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat android.

Aplikasi tersebut menyediakan nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan. [] tribunnews.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.