Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Kegiatan Alokasi Dana Desa (ADD) Kampung Tanjung Seumantoh tahun 2017 jumat (16/06) telah diinformasikan kepada masyarakat secara transparan.

Alokasi dana desa ADD yang menjadi salah satu program Pemerintah Republik Indonesia untuk pembangunan serta peningkatan ekonomi masyarakat khususnya adalah wadah untuk menampung seluruh kebutuhan masyarakat yang ada di desa dan kesemuanya itu diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Alokasi Dana Desa serta dijabarkan dalam setiap peraturan baik itu Menteri Sesa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PERMENDES) serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (PERMENDAGRI).

Saiful Alam, SE selaku Ketua Lembaga Tinggi Komando Pengendali Stabilitas Ketahanan Nasional Pers Informasi Negara Republik Indonesia (LT-KPSKM-PIN RI) yang kebetulan juga masyarakat kampung Tanjung Seumantoh mengapresiasi pemerintahan Kampung Tanjung Seumantoh untuk berani menginformasikan tentang rencana kegiatan pembangunan kampung (RKPK) Tahun 2017 kepada masyarakat melalui papan informasi yang ada di tempat umum serta mudah dijangkau masyarakat.

Transparan Tidak Harus Telanjang

Lebih lanjut Saiful Alam mengatakan, memang masyarakat harus dan wajib tahu apa-apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan di kampung ini melalui informasi yang update baik itu tentang anggaran serta rencana dan realisasi kegiatan di setiap tahunnya serta untuk menepis setiap kritikan tentang transparansi pengelolaan ADD tersebut. Dan masyarakat juga harus tahu dan mengerti karena ada kode etik yang transparan tapi tidak telanjang dalam pengelolaan ADD.

Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Daerah tertinggal dan Transmigrasi (PERMENDES) Nomor 22 Tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2017 Bab VIII tentang Partisipasi masyarakat, pasal 18 huruf C dijelaskan, “studi pemantauan dan publikasi terhadap praktek baik-buruknya desa-desa dalam penetapan prioritas penggunaan dana desa sesuai kewenangan”.

Hal senada juga disampaikan masyarakat Kampung Tanjung Seumantoh yang menginginkan adanya transparansi tentang pengelolaan dana desa agar masyarakat tidak bertanya-tanya sehingga setiap kegiatan dana desa dapat berjalan lancar dan sesuai kebutuhan masyarakat. [] TN-W012

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.