Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, WASHINGTON - Badan Antariksa NASA meluncurkan mobil konsep Mars Rover baru di Kennedy Space Center Amerika Serikat pada saat perayaan festival Musim Panas Mars. Mobil canggih generasi terbaru Rover (mobil antariksa sebelumnya) akan meneruskan tugas Rover selanjutnya.

Dengan lebar 14 kaki dan bisa ditempati 4 penumpang, dengan total enam roda, diperkirakan Mars Rover didukung oleh kereta penggerak listrik dengan panel surya.

Ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan laboratorium penelitian lengkap mobile dengan banyak ruang di belakang untuk melakukan eksperimen.

Mobil konsep Mars Rover kemudian akan mengunjungi pantai timur ke Atlanta, New York City, Jersey City, dan Washington DC. Mobil ini dilengkapi dengan sistem pendukung seperti, navigasi dan alat komunikasi.

Bahkan dengan menggunakan baterai 700 volt memungkinkan mobil konsep Mars Rover melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 112 km / jam.

"Ini adalah upaya menyeluruh untuk meninjau sejarah, upaya kita untuk menjelajahi Mars dan melihat ke depan apa yang direncanakan," kata Rebecca Shireman, asisten manajer humas seperti dilansir dari Rushlane, Kamis (8/6/2017).

"Kami berharap ini akan mendorong kaum muda untuk ingin belajar lebih banyak tentang menjadi bagian dari upaya untuk pergi ke Mars." tambahnya

Dalam pengembangannya, mobil ini memiliki kemampuan menganalisa tanda-tanda kehidupan masa lalu di planet Mars.

Nantinya kendaraan ini akan mengumpulkan sampel berupa air dan oksigen yang akan diteliti para insinyur NASA untuk mencari bukti kehidupan masa lalu di Planet Mars.

Mobil antariksa terbaru Mars terbaru dilengkapi dengan perangkat bor coring dan rak tabung yang akan digunakan untuk mengambil beberapa sampel material yang dibutuhkan untuk penelitian.

Tak hanya itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan kamera khusus yang mampu merekam obyek yang digunakan untuk pemetaan planet Mars.

NASA Resmi Perkenalkan Mobil Super Canggih

Generasi terbaru Rover ini memiliki enam unit roda yang mampu berjalan di berbagai macam kondisi jalan. Kembangan dengan ulir horizontal memungkinkan traksi ban mampu berjalan di medan bebatuan maupun jalan berpasir.

Seperti diketahui NASA mengandalkan mobil berteknologi ini untuk mengumpulkan material di planet Mars yang memiliki karakter dan kehidupan sama seperti di Bumi. [] Kompas.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.