Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Agen Lembu asal Sumatera Utara kian marak berdatangan ke Aceh Mencari lembu untuk stok meugang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menunggu hari. Rabu (21/6) sekira pukul 18:45 Wib terlihat sepasang suami istri (agen lembu) beristirahat sejenak di Karang Baru Aceh Tamiang untuk berbuka puasa setelah mendapatkan stok lembu yang mereka beli dari warga Sibreh Kabupaten Aceh Besar.

Lembu yang mereka beli berjenis semental dan lemosin, tidak tanggung-tanggung mereka memborong 2 lembu sekaligus yang berukuran 400 kilogram beratnya pada satu tempat saja di daerah Sibreh.

Ibu Ratna (45) mengatakan lembu ini akan dibawa ke stabat untuk stok penjualan daging pada meugang hari raya Idul fitri nanti dan mereka sengaja mencari lembu di daerah Aceh karena alasan lembunya sehat-sehat dan cukup mendapatkan untung tidak ada trik penipuan di Aceh.

"Kalau daerah lain kan sekarang lagi marak-maraknya sapi gelonggongan dan banyak kali trik-trik penipuan dalam menggemukkan lembu-lembu tersebut, tapi kalau di Aceh saya percaya 100% peternak lembu di Aceh hampir rata-rata jujur dan asli lembu peliharan tanpa ada efek lain untuk menggemukannya".

Selain hari meugang, hari-hari biasa juga mereka sering ke peukan/gelanggang lembu yang terdapat di seluruh Aceh untuk mencari lembu stok buat restoran dan warung makan di Sumatera Utara.

Sementara Paisal (53), menambahkan bahwa keuntungan yang mereka dapatkan cukup lumayan dari satu ekor lembu bisa menguntungkan 1 juta rupiah dan dalam seminggu kami bisa menjual 12 ekor lembu perminggunya.

"Apalagi kalau masa hari Raya idul Adha kami bisa menjual lembu sampai 20 ekor sehingga kami harus menyewa truck colt diesel untuk mengangkut lembu yang kami beli dari Aceh bahkan ada juga lembu yang sampai bobotnya sekitar 800 kilo gram jadi satu truck hanya bisa mengankut sekitar 7 ekor lembu saja.

Semangatnya para agen sapi tersebut membeli lembu-lembu asal Aceh dikarenakan para peternak di aceh sudah mulai pandai dalam beternak, selain sehat makanan lembu tersebut juga cukup terjaga ditambah lagi dengan makanan fermentasi seperti tungkul pisang yang dipotong-potong untuk pakan pengganti rumput. [] TN-W008, Foto : Ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.