Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang membentuk Laboratorium Inovasi bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV (PKP2A IV) Lembaga Administrasi Negara RI. Acara pembentukan Laboratorium inovasi dilaksanakan di Aula setdakab Aceh Tamiang, Selasa (23/5).

Terpilihnya Kabupaten Aceh Tamiang menjadi kabupaten pertama di Provinsi Aceh yang membentuk Laboratorium Inovasi dikarenakan komitmen pemerintah dalam pengembangan inovasi. Salah satu inovasi yang telah dikenal luas yakni Klinik Akuntansi yang merupakan keseriusan pemerintah Aceh Tamiang dalam menciptakan ketertiban pengelolaan keuangan daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Razuardi mengatakan, komitmen dalam mewujudkan inovasi sangat diperlukan dan kita membuktikan dengan pengiriman peserta diklat terbanyak dengan gambaran bahwa persiapan aparatur sipil negara telah disiapkan dengan baik.

Inovasi pada saat ini sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban dikarenakan peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi tujuan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. “Sejak tahun 2015 LAN menyusun roadmap inovasi seperti penyelenggaraan laboratorium inovasi (Innovation Laboratory), pencanangan inovasi ditingkat pemerintahan terbawah (Street Level Innovation), penguatan inovasi yang sinergis dengan dukungan dunia usaha (Corporation Supported Innovation) dan pengembangan inovasi oleh kelompok masyarakat madani ( Community Base Innovation)”, ujar Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV (PKP2A IV) Faizal Adriansyah.

Adapun tujuan Laboratorium inovasi untuk menginspirasi pengambil kebijakan untuk mau berinovasi, menggali ide-ide yang berangkat dari permasalahan yang ada, merancang rencana aksi inovasi yang komprehensif, melaksanakan inovas secara fokus dan konsisten serta menyampaikan progres dan manfaat inovasi kepada stakeholder.

Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur Muhammad Aswad menjelaskan bahwa “manfaat dari inovasi ini supaya daerah memiliki upaya yang nyata dalam pengelolaan sistem pemerintah dan pembangunan yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik”, sehingga keberadaan pemerintah dirasakan serta dipercaya oleh masyarakat, papar Aswad.

Terpilihnya Kabupaten Aceh Tamiang menjadi momentum untuk meningkatkan motivasi dan serta daya saing dalam mewujudkan pelayanan publik yang terbaik. [] TN-W001

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.