Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Destinasi wisata air yang menjadi prioritas dikembangkan Pemda (Pemerintah Daerah) Aceh Tamiang tahun ini adalah objek wisata Kuala Paret di Kec. Tamiang Hulu dan Pemandian Gunung Pandan di Kecamatan Tenggulun.

Hal itu dikatakan Syahri, SP Kepala Disparpora, Kamis (04/05) menanggapi lanjutan program pengembangan objek wisata yang mendapat dukungan dari Muslim, SHi anggota DPR-RI, Komisi X dari Fraksi Partai Demokrat.

Menurutnya lokasi objek wisata Kuala Paret berbatasan dengan areal izin Hak Guna Usaha (HGU) PT MPLI, dan selama ini akses jalan pengunjung untuk menuju ke lokasi harus melintasi jalan afdeling perkebunan tersebut.

"Menuju ke objek wisata Kuala Paret sarana jalan perkebunan yang kita gunakan, sampai saat ini tidak ada sinyal pelarangan oleh pihak perusahaan, bahkan mereka sangat mendukung kepentingan program Pemda." ujarnya.

Meski sarana jalan perkebunan tersebut satu-satunya akses menuju objek, Pemda tidak akan melakukan peningkatan badan jalan, karena aksesnya bagi pengunjung harus merasakan tantangan untuk sampai ke lokasi tersebut.

Menurut mantan Kepala Dishutbun Aceh Tamiang tersebut, untuk objek wisata Pemandian Gunung Pandan di Kec. Tenggulun, fasilitas umum telah dipasang rambu penunjuk jalan, lesehan dan MCK dilokasi objek dengan seadanya, sehingga pengelolaannya saat ini ditangani oleh aparatur desa setempat.

"Untuk itu dalam waktu dekat ini, kami akan memenuhi fasilitas seperti ruang ganti pakaian dan areal parkir secara permanen, serta menyusun regulasi untuk merumuskan Peraturan Daerah (Perda)/Qanun pengelolaan untuk kedua lokasi objek wisata air tersebut, namun kesemua itu tidak lepas peran dari stakeholder terkait." ungkapnya.

Terkait kunjungan kerja Anggota DPR Pusat Muslim, SHi bersama Dr Faisal, Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pariwisata besert staf beberapa waktu yang lalu dalam rangka peninjauan ke lokasi sebut Kepala Disparpora tersebut banyak saran dan masukan yang diberikan untuk memajukan potensi wisata Aceh Tamiang.

"Point pentingnya adalah arahan dari Muslim, SHi, agar Destinasi wisata air tersebut konsepnya segera disampaikan kepada pemerintah pusat. Kemudian konsep pengembangan SDM untuk pengelolaannya akan mendapat bimbingan teknis (Bimtek) dari Deputi Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata RI." ujarnya optimis. [] TN-RF

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.