Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Kemenag Aceh Tamiang akan melaksanakan optimalisasi Pelayanan Informasi Haji dan Umrah melalui Rencana Proyek Perubahan (RPP) Pelayanan Informasi Haji dan Umrah. Demikian disampaikan Kakankemenag Aceh Tamiang Salamina, MA dalam kegiatan Optimalisasi Pelayanan Informasi Haji dan Umrah di Aula Al-Ikhwan Kankemenag Tamiang dan dilanjutkan dalam rapat dengan para Kepala KUA Kecamatan se-Tamiang pada Senin (08/05).

Salamina juga menjelaskan tentang tugas dan fungsi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang diantaranya memberikan pembinaan, pelayanan dan bimbingan haji dan umrah dan perumusan kebijakan teknis dibidang pengelolaan administrasi dan informasi.

Lebih lanjut Salamina memaparkan, ada beberapa yang sangat urgen dan signifikan dalam pelayanan ibadah haji di Kankemenag Aceh Tamiang yaitu Pertama ; Sistem informasi haji dan umrah belum sampai kepada masyarakat pada tingkat lapisan bawah di pedesaan. Kedua ; Belum tersedianya unit layanan informasi haji dan umrah disetiap kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketiga ; Belum terintegrasinya sistem penyebaran pesan informasi oleh ASN dilingkungan kemenag terutama sekali oleh Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) baik penghulu, penyuluh agama Islam fungsional dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan. Keempat ; Terbatasnya pesan informasi yang disajikan dalam brosur pensdaftaran, informasi hanya tentang tata cara pendaftaran dan persyaratan administrasi. Belum memuat informasi penggunaan BPIH baik direc cost maupun indirec cost tujuannya untuk mengikis asumsi masyarakat jasa tabungan dimanfaatkan oleh Kementerian Agama.

Dan kelima ; Belum terintegrasinya sistem penyampain informasi haji dan umrah antara Kantor Kementerian Agama dengan lintas sektoral, terutama sekali dengan lembaga keistimewaan Aceh dan Dinas Syariat Islam yang memiliki da’i kecamatan dan da’i perbatasan. Hal ini akan berdampak pada volume jamaah yang mendaftar haji.

Terkait permaslahan tersebut, Salamina, MA selaku Kakankemenag Aceh Tamiang menyampaikan Rencana Proyek Perubahan (RPP) Pelayanan Informasi Haji dan Umrah. Sekurangnya terdapat tiga tahap yaitu Jangka Pendek (60 Hari Kerja), jangka menengah (1 Tahun) dan Jangka Panjang (diatas 1 tahun).

"Jangka pendek meliputi tersedianya rancangan panduan informasi haji dan umrah di Lingkungan Kemenag Aceh Tamiang, jangka menengah meliputi terlaksanannya layanan Informasi Haji dan umrah di setiap Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang dan jangka panjang meliputi tersediaanya ruangan layanat Unit Informasi Haji dan Umrah Kecamatan (UIKAT) dalam Kabupaten Aceh Tamiang", ujar Salamina. [] TN-W001

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.