Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Dalam rangka meningkatkan pelayanan Informasi Haji dan Umrah, Kemenag Kabupaten Aceh Tamiang membentuk proyek inovasi perubahan yang diberi nama Unit Informasi Kecamatan Terpadu (UIKAT). UIKAT merupakan Unit Informasi yang keberadaanya di setiap KUA dan dikoordinir oleh masing-masing Kepala KUA, tugasnya memberikan informasi haji dan umrah kepada masyarakt, demikian dikatakan Kakankemenag Kabupaten Aceh Tamiang Salamina, MA via press rilis yang diterima TamiangNews.com, Jumat (26/05).

Untuk mensosialisasikan UIKAT ini, pihak Kemenag Aceh Tamiang telah menggelar Bimbingan Teknis pada Rabu (24/5) di Aula Al-Ikhwan Kankemenag Aceh Tamiang dengan mengundang perwakilan setiap Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Aceh Tamiang.

Menurut Salamina, UIKAT itu bertujuan untuk memperpendek jalur informasi haji dan umrah kepada mayarakat, dengan kata lain untuk mendapatkan informasi haji masyarakat tidak perlu lagi ke Kankemenag yang berada di Kabupaten.

Disamping itu pula, UIKAT bertujuan untuk mewujudkan amanat Menteri Agama agar setiap Aparatur Negeri Sipil (ASN) Kementerian Agama lebih dekat melayani ummat.

"UIKAT secara teknis berbeda dengan SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu), UIKAT hanya memberikan layanan umum terkait informasi haji dan umrah seperti keutamaan haji dan umrah, syarat pendaftaran haji, memberi penjelasan penggunaan aplikasi haji pintar dan umrah cerdas menggunakan Android, direct cos (biaya langsung) dan indirect cos (biaya tak langsung) termasuk informasi jadwal keberangkatan dan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH)", ungkap Salamana.

Sedangkan SISKOHAT adalah system komputerisasi yang terkoneksi dengan jaringan haji pusat yang tugasnya antara lain adalah melakukan perekaman data Calon Jamaah Haji yang telah berhak mendapat nomor Porsi.

Adapun petugas yang ikut berperan dalam UIKAT adalah para Kepala KUA selaku koordinator, petugas yang telah mendapat bimbingan teknis informasi haji dan umrah, penghulu, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Honorer. [] TN-W001

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.