Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, LANGSA -- Setelah sempat tertunda, akhirnya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dapat menyelenggarakan program pascasarjana, penyelenggaraan program pascasarjana tersebut berdasarkan izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang dituang dalam bentuk Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 2853 tahun 2017 tanggal 21 Mei 2017 tentang Izin Penyelenggaraan Pascasarjana Program Magister pada IAIN Langsa.

Pembukaan program magister itu ditandai dengan penyerahan Surat Kepetusan Dirjen Pendidikan Islam mengenai izin penyelenggaraan Pascasarjana oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. H. Nur Syam, M. Si pada acara Lauching Program Pascasarjana, peresmian perpustakaan dan gedung kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Rabu (23/5) yang berlangsung di aula seramoe teuhah kampus setempat.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA dalam sambutannya mengatakan, dirinya bersama sivitas akademika lainnya mengakui dalam proses penegerian, peralihan status dari STAIN ke IAIN dan penyelenggaran pascasarjana program Magister membutuhkan perjuangan dan waktu yang panjang, “perjungan dalam menuntaskan eksistensi pascasarjana memang banyak sekali menghabiskan waktu, tenaga dan upaya dari teman – teman yang cukup bersungguh – sunguh, yang pada akhirnya perjuangan tersebut telah berhasil” ungkapnya.

Zulkarnaini juga mengatakan, dengan terbitnya izin penyelenggaraan pascasarjana, masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya tidak lagi harus belajar keluar daerah, “ada teman – teman yang banyak menanyakan kapan kami bisa kuliah tanpa harus pergi jauh ke Banda Aceh, Medan atau keluar daerah, maka pada hari inilah (red rabu) semua itu bisa terjawab” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM mengatakan, Pemerintah Kota Langsa merasa bahagia dan bangga dengan hadirnya tamu dari pusat, karena untuk menghadirkan tamu dari pusat sangat sulit, mengingat Kota Langsa jauh dari Bandara, “selama ini memang jarang – jarang pejabat yang berkunjung ke Langsa, karena kami jauh dengan bandara” ujarnya.

Marzuki juga menyebutkan, Kota Langsa baru bisa dibangun kalua berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi, oleh karena itu kehadiran dan peran dari lembaga perguruan tinggi sangat dibutuhkan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Dr. H. Nur Syam, M. Si saat meresmikan kegiatan tersebut mengucapkan selamat kepada Rektor dan segenap sivitas akademika IAIN Lansgan yang telah mendapatkan izin operasional penyelenggaraan pascasarjana, “saya mengucapkan selamat kepada pak Rektor dan segenap jajarannya, yang hari ini insyaallah akan saya serahkan izin operasional penyelenggaraan program studi pascasarjana, ini adalah sesuatu yang sangat baik” ujarnya.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Rektor IAIN Lhokseumawe, Wakil Walikota Langsa, MPU, Kepala Pengadilan Negeri, Kakan Kemenag Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang, perwakilan POLRESTA Langsa, Perwakilan Dandim 01/04 Aceh Timur serta para dosen dan mahasiswa IAIN Langsa. [] iainlangsa

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.