Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, JAKARTA -- Sangat wajar kalau pendukung klub Persija Jakarta menagih janji Gubernur/Wagub DKI terpilih Anis Baswedan/Sandiaga Uno soal pembangunan stadion di ibu kota negara kita ini. Ketika kampanye, Anis-Sandi menjanjikan akan membangun stadion berkelas Old Trafford di Jakarta, sebagai markas Persija yang sampai sekarang memang belum lagi punya.

Di antara klub-klub lain, Persija memang yang paling dirugikan akibat berbagai kebijakan seorang Gubernur. Dua stadion, yakni Stadion Menteng dan Stadion Lebak Bulus, hilang begitu saja dengan sampai kini belum kedengaran lagi penggantinya kecuali janji Anis-Sandi itu.

Stadion Menteng dirubuhkan pada tahun 2005 digantikan oleh taman kota walau ada sarana olah raganya tetapi tidak memenuhi standard internasional.

Kebijakan Gubernur ketika itu, Sutiyoso, tidak goyah merobohkan Menteng walau sempat muncul protes dari beberapa pihak, terutama dari mantan atlet yang ketika itu Staf Khusus Menpora, Icuk Sugiarto.

Sementara itu, Stadion Lebak Bulus dilenyapkan sehubungan dibangunnya Mass Rapid Transit (MRT/angkutan cepat terpadu) melalui kebijakan Gubernur yang akhirnya menjadi Presiden RI, Joko Widodo. Kali ini tidak ada protes keras yang muncul dari kebijakan ini.

Sebenarnya kebijakan soal terminal MRT di Lebak Bulus sudah ada sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun belum dieksekusi. Ketika itu juga digaungkan penggantinya, yaitu di Tanjung Priuk. Tapi lahan yang disiapkan masih menjadi sengketa, sehingga belum ada lagi wacana penggantinya.

Efek dari dirubuhkan dua stadion itu, Persija tidak lagi memiliki kandang pertandingan. Pada Liga 1 2017 sekarang ini, mereka mengambil Stadion Patriot, Bekasi, sebagai rumahnya. Sebelumnya, Stadion Manahan Solo dijadikan markasnya.

Begitu miris melihat klub ibu kota negara ini, klub yang memiliki sejarah panjang dalam perjalanan sepakbola Indonesia ini, “menggelandang” dari stadion ke stadion untuk menjamu lawannya.

Apalagi stadion milik pemerintah pusat, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, kini juga masih dalam pembangunan untuk dipakai pada ajang Asian Games 2018. [] bola.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.