Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, MANYAK PAYED -- Reses anggota DPRK sangat perlu dilakukan untuk menampung aspirasi masyarakat terkait pembangunan di berbagai bidang, hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 27 tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Hal itu disampaikan Mustaqim anggota DPRK Aceh Tamiang dari Partai Aceh Daerah Pemilihan (Dapil) 2 saat melaksanakan kegiatan Reses di Kampung Sampaimah Kecamatan Manyak Payed - Aceh Tamiang, Selasa (7/3) sekira pukul 20.30 WIB di mesjid setempat.

Menurut Mustaqim kegiatan Reses ini telah diatur dalam UU Nomor 27 tahun 2009 pada pasal 318 ayat (2) dan (3). "Tujuan Reses untuk menyerap aspirasi masyarakat yang selanjutnya hasil reses nantinya akan ditindak lanjuti dan akan diupayakan dimasukan dalam musrembang kabupaten yg akan dilakukan dalam bulan ini juga," terang Mustaqim yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Aceh DPRK setempat.

Menurutnya, melalui kegiatan reses yang dilakukan ini anggota DPRK dapat mengetahui secara lebih jauh tentang kondisi masyarakat sehingga dapat mengoptimalkan pelaksanaan program serta evaluasi pembangunan. " Reses ini untuk menyerap aspirasi baik aspirasi tentang pembangunan infrastruktur, pertanian, kelautan, perkebunan dan sebagainya yang merupakan kebutuhan pembangunan dalam masyarakat kita", jelas Mustaqim.

Mustaqim menambahkan selain melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan, menurutnya kegiatan reses ini dilakukan untuk mendukung optimalisasi kinerja DPRK. Sebagaimana diketahui situasi dan kondisi masyarakat saat ini yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi serta menuntut anggota DPRK untuk memiliki kemampuan yang cepat dan tinggi dalam menyerap apa yang terjadi di masyarakat dan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat di daerah pemilihan masing-masing anggota Dewan.

Dari kegiatan Reses, akan didapat masukan dan usulan dari masyarakat terkait pembangunan, semua masukan yang dihasilkan dari reses harus menjadi catatan bagi Anggota DPRK lalu dibawa kemasa persidangan/Reses untuk di pertimbangkan serta ditindak lanjuti sekiranya aspirasi itu dapat dimasukkan kedalam rencana kerja tahun depan.

"Masyarakat banyak yang mengusulkan pembangunan jalan, talud, perbaikan mushalla serta pemberdayaan ekonomi masyarakat", sebutnya.

Selain menyerap aspirasi masyarakata di Dapil masing-masing juga sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Masyarakat sambil melihat kondisi daerah, serta melihat persoalan apa yang sedang terjadi ditengah-tengah masyarakat lalu disampaikan kepada pemerintah untuk ditindak lanjuti.

"Oleh sebab itu, usulan masyarakat saat reses akan menjadi pertimbangan oleh Pemerintah untuk masuk dalam program Pembangunan tahun depan,"tegasnya sembari menambahkan jadwal reses ini sendiri dimulai dari tanggal 7 - 14 Maret mendatang.

Acara reses tersebut dihadiri oleh Datok Penghulu Kampung Sampaimah beserta perangkatnya, Iman Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta dihadiri oleh puluhan warga setempat. [] TN-W005

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.