Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, LANGSA -- Tim Bagian Kesatuan Pengolahan Hutan (BKPH) Mangrove Wilayah III Aceh meduga, lahan hutan mangrove (bakau) di Gampong Lubuk Damar, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, tercemar.

"Hasil pantauan, lahan kawasan hutan mangrove di Lubuk Damar diduga sudah tercemar limbah dan akibat pembendungan air laut," sebut Kabag Kesatuan Pengelolaan Hutan Mangrove, Andi Akhirman kepada GoAceh, Kamis (16/3/2017).

Ia menjelaskan, Tim BKPH Manggrove melakukan pantauan atau orientasi ke lokasi pada Rabu (22/3/2017) untuk menindak lanjuti laporan masyarakat atas dugaan pencemaran lingkungan yang berada di kawasan hutan mangrove di Lubuk Damar tepatnya di titik koordinat NN 4 18 02.4"-E 98 14 46.0.

"Tim BKPH Mangrove yang turun ke lokasi terdiri dari Kepala RPH Seruway, Syamsul Bahri, Agus Irawan (penyuluh) dan dua anggota pengamanan hutan (Pamhut) yakni Edi Zulinda serta Elvian yang dipimpin langsung oleh saya,” ucap Andi Akhirman. Selain itu, di lokasi tersebut telah berubah fungsi kawasan hutan manggrove menjadi perkebunan kelapa sawit.

"Allah SWT sudah menciptakan bumi beserta isinya saling ketergantungan. Seperti di lahan itu, seharusnya jenis ekosistem yang sudah ada jangan dirubah lagi,” ujarnya.

Tambahnya, Kesatuan Pengolahan Hutan (KPH) Wilayah III Aceh, orientasi kerjanya yakni pola kerjasama dengan masyarakat khususnya yang berada di pesisir pantai.

Makanya, tugas dari KPH melakukan pembinaan dan penyuluhan rutin kepada masyarakat untuk merubah pola pemanfaatan hutan mangrove sesuai dengan visi-misi yaitu hutan lestari masyarakat sejahtera.

Sementara itu, terkait dengan dugaan pencemaran hutan mangrove itu, pihaknya telah menyerahkan kepada Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Kehutanan di Medan, untuk menindak lanjuti hasil orientasi atau pantauan yang dilakukan oleh Tim BKPH Mangrove.

"Kami berharap, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Kehutanan agar segera menindak lanjutinya, sehingga hasil orientasi yang dilakukan oleh Tim BKPH Mangrove apakah benar ada dugaan pencemaran atau tidak," pungkasnya., [] goaceh.co, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.