Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Sebanyak 456 siswa tingkat SMA dari sekolah negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN ) tingkat SMA/MA atau sederajat se-Aceh Tamiang. Kegiatan OSN tingkat SMA ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda dengan panitia penyelenggara dari unsur Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMP) wilayah IV Langsa dan Dinas Pendidikan Aceh Tamiang.

"Kegiatan OSN ini dilaksanakan satu hari saja dan serentak seluruh Indonesia", jelas Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tamiang Drs Ikhwanuddin.

Menurut Ikhwanuddin, untuk OSN tahun 2017 ini mengalami peningkatan yang signifikan. "Hal ini menandakan makin banyak siswa yang ingin mengeluarkan bakatnya pada mata pelajaran yang dilombakan, yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Astronomi, Komputer, Ekonomi dan Kebumian", jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, OSN merupakan ajang kompetisi keilmuan tempat para siswa menguji bakat. Penguasaan materi dan kemampuan analisis mereka dalam memecahkan masalah dan soal sesuai dengan mata lomba yang mereka ikuti. Oleh sebab itu penilaiannya harus jujur dan tidak boleh melanggar etika intelektual.

"Jangan ada istilah juara titipan, juara pesanan dan lain sebagainya. Karena kalau hal tersebut sampai terjadi sama artinya dengan melacurkan intelektualitas anak, dan akan memberikan kesan sangat buruk, dan selamanya akan membekas dalam jiwa mereka", tegas Ikhwanuddin. [] M. Hendra Vramenia (TN-W004)

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.