Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KUALASIMPANG -- PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, Kabupaten Aceh Tamiang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan produksi minyak. Upaya tersebut dilakukan untuk mencapai target produksi minyak setiap harinya sebanyak 2.187 barel/hari.

"Pencapaian hasil produksi dilakukan di tajak (pengeboran) sumur minyak RNT-AA di Kebun Rantau, Kecamatan Rantau," ungkap Field Manager (FM) PT Pertamina EP Rantau Richard Muthalib melalui Legal Relation H Jufri kepada MedanBisnis, Senin (13/2) di Rantau.

Ia mengatakan, tujuan utama dari pemboran ini untuk menambah titik serap produksi minyak sebagian dari pattern-2 fullscaled waterflood struktur Rantau pada lapisan Z-600 sekaligus mengetahui posisi kontak fluida di Blok A2.

Target tambahan dari pemboran sumur RNT-AA adalah Z400, Z560 dan Z660 untuk mengetahui potensi hidrokarbon dan batas kontak fluida saat ini.

"Sumur RNT-AA ini sendiri diperkirakan akan berproduksi dengan rate produksi puncak (Qpeak) sebesar 149 BOPD dari lapisan Z600 serta sumur tersebut nantinya setelah berproduksi dinyatakan sebagai sumur P-450," jelas Jufri.

Jufri menuturkan, tambahan produksi dari hasil pemboran sumur ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan produksi Field Rantau menuju sasaran RKAP produksi sebesar 2.187 barel/hari. Sumur RNT- AA ditajak menggunakan Rig CWKT-210M milik PDSI (Pertamina Drilling Service Indonesia) yang berkapasitas 400 HP yang rencananya dibor hingga mencapai kedalaman akhir 920 mTVD (meter True Vertical Deep) dan waktu pelaksanaan pemboran selama 18 hari kerja operasi.

Namun, kata Jufri, terkait pelaksanaan pengeboran sumur tersebut pihaknya telah melakukan sosialisasi dan syukuran kepada masyarakat di sekitar sumur sebagai bentuk kepedulian dan sosial kemasyarakatan.

Salah satu bentuk kepedulian itu, Pertamina Rantau memberikan santunan kepada 150 orang anak yatim piatu dan kaum dhuafa yang berdomisili di sekitar lokasi pemboran RNT- AA meliputi Kebun Rantau, Alur Manis serta Alur Cucur.

Dalam pelaksanaannya, bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Rantau Field Manager Richard Muthalib yang didampingi oleh Forkompincam Kecamatan Rantau dan tim Manajemen.

"Dalam format kepedulian sosial Pertamina Rantau menyerahkan tiga ekor sapi untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi sumur pengeboran," ujarnya.

Jufri menambahkan, guna tercapainya tujuan tersebut pihaknya mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat, alim ulama dan seluruh masyarakat di wilayah pengeboran sumur RNT-AA agar dapat menyukseskan, mendoakan serta mendukung sehingga kegiatan pengeboran ini bisa terlaksana dengan hasil yang seperti diharapkan. [] medanbisnisdaily.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.