Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, ACEH TAMIANG – Pada saat menjabat gubernur, Irwandi Yusuf adalah gubernur yang sangat sering melakukan kampanye dalam upaya penyelamatan hutan dan memberantas pembalakan liar di Aceh. Ia juga sangat sering menghadiri berbagai konferensi tingkat dunia dengan membawa issu utama penyelamatan hutan Aceh.

Pernah juga ke Amerika menemui berbagai pemimpin dunia termasuk Arnold Schwarzenegger (Gubernur Negara bagian California, AS masa itu) untuk mencari dukungan petisi menyelamatkan hutan Aceh yang kondisinya semakin memprihatinkan.

S. Adi Putra. HAM dari Program Manager Civil Society Centre di Kualasimpang kepada TamiangNews.com Jumat (10/02/2017) menjelaskan, Irwandi Yusuf tak segan-segan menyopiri sendiri Jeep pribadinya untuk blusukan ke hutan-hutan yang terindikasi penebangan liar (illegal logging) yang membuat para pebalak hutan lari pontang panting. Belum pernah ada gubernur di Aceh yang mau melakukan sidak lapangan seperti Irwandi Yusuf.

“Kita sangat membutuhkan seorang pemimpin Aceh ke depan seperti Irwandi Yusuf tidak hanya peduli dan memperhatikan kaum miskin, tapi juga mempunyai visi-misi dan komit menyelamatkan hutan dan lingkungan hidup Aceh”, ujar Adi.

Dari salah satu program Irwandi - Nova jelas terlihat “Aceh Green” menegaskan kembali komitmen pembangunan Aceh berwawasan lingkungan dan berkelanjutan (sustainable) dengan cara mendesain rencana pertumbuhan hijau Aceh (Green growth plant) sebagai bagian dari implementasi azas berkelanjutan dalam pembangunan Aceh, melakukan langkah-langkah strategis mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, menerapkan strategi mitigasi dan manajemen resiko bencana melalui penguatan kapasitas tim tanggap darurat dan penyadartahuan masyarakat, membangun rencana pemulihan spesies kunci yang kritis terancam punah, dan membangun teknologi penyediaan kayu alternatif (wood polymer composite) dalam rangka mengantisipasi lonjakan kebutuhan kayu dunia untuk pencegahan degradasi hutan.

“Irwandi telah terbukti dan komit dalam membangun untuk tidak merusak lingkungan, jadi kalau memang rakyat Aceh berkeinginan untuk menyelamatkan hutan dan mengembalikan Aceh menjadi hijau, maka mari kita sama-sama memilih dan pempercayakan Aceh 5 tahun kedepan kepada Irwandi-Nova untuk mewujudkan Aceh yang Hijau”, ajak Adi. [] Tim-TN

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.