Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KUALASIMPANG -- Bupati Aceh Tamiang (Atam) H Hamdan Sati menyerahkan 479 ekor sapi jenis "Brahman Cross" dari Australia kepada 20 kelompok tani ternak (Kotanak) di 11 kecamatan dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat.

Bupati Hamdan pada acara penyerahan secara simbolik di Desa Lubuk Damar, Kecamatan Seruway, Minggu (12/2) menyatakan, dalam amanatnya mengatakan, daerah ini merupakan salah satu kabupaten yang sangat berpotensi dalam pengembangbiakkan sektor peternakan.

"Pembangunan di bidang peternakan merupakan bagian intergal dari pembangunan pertanian yang sampai saat ini terus berkembang. Dimana kedudukan dan keberadaan serta peran sektor peternakan semakin besar dan penting," terangnya.

Ditambahkan Bupati, pada tahun 2016, Kabupaten Aceh Tamiang mendapat alokasi dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) berupa bantuan ternak Brahman Cross, yang merupakan program pengembangan induk sapi potong pada kegiatan integrasi sapi sawit.

Kabupaten Atam mendapat bantuan ternak sapi Brahman Cross sebanyak 500 ekor, yang terbagi dalam 20 Kotanak untuk 11 kecamatan dengan kretria yang telah ditentukan.

"Jadi, jumlah ternak yang diterima oleh kelompok sebanyak 479 ekor betina. Bantuan sapi ini diharapkan dapat terus ditingkatkan jumlah populasi ternak di Aceh Tamiang," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Alfuadi mengatakan, untuk mempercepat upaya peningkatan populasi ternak, Kementrian Pertanian mengeluarkan keputusan tentang upaya khusus percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau bunting.

"Selanjutnya melalui program UPSUS SIWAB tahun 2017 ini dilaksanakan melalui program kawin suntik (IB) pada sapi-sapi induk produktif yang telah diseleksi," terangnya.

Untuk mewujudkan peningkatan populasi melalui IB, lanjut Alfuadi, pemerintah pusat menargetkan 4 juta Asptor secara nasional, dengan target bunting sapi sebanyak 3 juta ekor.

Sedangkan untuk Kabupaten Aceh Tamiang, sambungnya, ditargetnya jumlah Aseptor 12.926 dengan target kebuntingan 7.368 ekor bunting.

"Sampai Desember 2016, populasi sapi di Aceh Tamiang sebanyak 71.948 ekor dan sapi usia produktif untuk dapat dikawinkan sebanyak 14.632 ekor," jelasnya.

Sementara itu, salah satu Ketua Kotanak di Desa Lubuk Damar, M Nurdin, mewakii para Kotanak yang hadir mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Hamdan Sakti yang telah banyak membantu para Kotanak, sehingga keberadaan dan fungsi Kotanak bisa terus mengembangkan sapi bantuan tersebut, sehingga program ketahanan pangan dalam swasembada daging bisa berjalan seperti yang diharapkan.

"Apalagi Bupati telah memiliki program pembangunan industri makanan halal food di wilayah Seruway ini.

Dengan adanya program tersebut, tentu program dalam pengembangbiakkan sektor peternakan ini sangat mendukung untuk industri makanan halal yang telah diprogramkan Hamdan Sati," terangnya mengakhiri. [] medanbisnisdaily.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.