Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, LANGSA -- Koalisi Pemantau Pemilu meminta kepada Masyarakat supaya membantu turut memantau kotak suara hasil pecoblosan dari tempat pemungutan suara (TPS) ke Panitia Pengutan Suara (PPS) hingga ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Masyarakat harus waspada supaya pilkada Aceh berjalan profesional dan sesuai Undang-undang,” kata juru biara Koalisi Pemantau Pilkada Aryos Nivada melalui rilis yang dikirim Senin (13/2).

Aryos juga meminta semua pihak baik saksi paslon, tim pemantau maupun pihak pihak yang peduli terhadap kualitas demokrasi harus mendokumentasikan serta melakuan administasi secara tepat dan rapi selama berlangsungnya proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Untuk itu semua pihak diminta untuk memperhatikan secara seksama 3 Form penting yakni : C1-KWK dan Lampiran, Sertifikat Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota).

C2-KWK, Catatan kejadian khusus dan keberatan Saksi dalam pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

C7-KWK, Daftar Hadir Pemilih di TPS Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Memastikan kertas suara dengan jumlah daftar hadir sama plus cadangan surat suara sebanyak 2,5 persen.

Perihal kotak suara, harus dipastikan kosong dan berada di tempatnya. KPPS dan PPS wajib mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS. Jika tidak dilakukan akan terkena pidana.

Pastikan saksi mendokumentasikan form C1 KWK Plano dan C7 KWK disesuaikan dengan DPT. Polisi dan tentara harus bersikap netral terhadap pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS sesuai dengan tupoksi yang melekat berdasarkan Undang undang.

Koalisi Pemantau Pilkada juga membuka nomor kontak SMS CENTER 24 jam yang melayani pengaduan adanya pelanggaran yang terjadi pada proses pemungutan dan penghitungan suara di Nomor +6282273847384.

Cara penyampaian informasi tersebut bisa dilakukan dengan cara mengetik: Nama Pelapor [spasi] No. KTP [spasi] Alamat Pelapor [spasi] lokasi pelanggaran [spasi] uraian singkat kejadian.

“Contoh Fulan_123456789_Jl. Panglima Tibang No.99_Pelanggaran pada saat pemungutan suara. Saksi salah satu Paslon dicurigai melakukan intimidasi kepada pemilih dan KPPS. Lalu laporan tersebut dikirimkan ke +6282273847384 via SMS/WA. Kerahasiaan pengirim laporan terjamin.

Koalisi Pemantau Pilkada merupakan gabungan elemen masyarakat sipil yang berperan sebagai salah satu pilar dan sekaligus sebagai kasalisator dalam memastikan proses-proses demokrasi berjalan secara baik dan jujur, adil dan mempunyai akses untuk semua lapisan masyarakat. [] TN-W007

Kontak:
KOALISI PEMANTAU PILKADA ACEH
Sudirman Hasan (Sekjen Forum) : 08126944101
Aryos Nivada (Jaringan Survey Inisiatif) : 08116830300
Kholil (Perludem) : 081360022070
Munzami Hs (IdeAS Aceh) : 085359050061

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.