Dilihat 0 kali

TamiangNews.com  --  Dengan jumlah daratan sebanyak 520 juta kilometer persegi di Bumi ini, mungkin kita masih bisa berpikir bahwa masih banyak ruang di planet ini untuk makhluk hidup. Namun kenyatannya tidak, kita manusia semakin mendesak makhluk hidup lain dan mengganggu kehidupan mereka. Daftar terakhir menunjukkan bahwa ada sekitar 24.307 spesies yang terancam punah di planet yang kita tinggali ini.

“Banyak spesies yang punah bahkan sebelum kita bisa mendapatkan deskripsi tentangnya,” ujar direktur International Union for Conservation of Nature (IUCN), Inger Andersen. Ia melanjutkan, “Daftar merah yang kami buat menunjukkan bahwa krisis kepunahan global itu lebih besar daripada apa yang kita pikirkan selama ini. Pertemuan negara anggota PBB di Cancun yang membahas keanekaragaman hayati mempunyai tanggungjawab yang besar untuk maju dan berusaha melindungi keanekaragaman hayati di negaranya.”

Bagaimanakah cara melindungi keanekaragaman hayati? Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan melindungi habitat tempat banyak spesies itu hidup. Dengan pertimbangan di atas dan memanfaatkan data dari Bank Dunia, baru-baru ini kantor berita Telegraph memetakan area hutan lindung di dunia dan memberikan paparan untuk kita terhadap negara-negara yang memberikan perhatian terhadap perlindungan alam.

Sebagai referensi, IUCN memberikan definisi terhadap area hutan lindung — sebuah ruang geografis yang dinyatakan dan diatur secara hukum dan cara-cara lain yang perlu untuk mendapatkan perlindungan alam dalam jangka waktu panjang yang sejalan dengan nilai-nilai budaya.

Saat ini, hanya sekitar 14,8% tempat di dunia ini yang mendapatkan status hutan lindung. Ini merupakan sebuah kemajuan mengingat dulu di tahun 1990, nilainya hanya berada di angka 8,2%. Bank Dunia telah mengumumkan peringkat di dunia untuk negara-negara dengan hutan lindung terbanyak dan paling sedikit.

Berikut negara-negara yang memiliki hutan lindung terbanyak :
1. Venezuela (53,9 persen dari total luas wilayah)
2. Slovenia, 53,6%
3. Monaco, 53.4%
4. Bhutan 47.3%
5. Turks dan Kepulauan Caico, 44,4%
6. Liechtenstein, 44,3%
7. Brunei, 44,1%
8. Seychelles 42,1%
9. Hong Kong 41,8%
10. Greenland 41,2%

Amerika serikat mendapatkan angka 13,88 %, namun banyak juga negara dengan nilai yang jauh di bawah itu. Negara-negara tersebut adalah:
1. Macau 0%
2. Nauru 0%
3. Sao Tome dan Principe 0%
4. San Marino 05
5. Barbados 0,2%
6. Turki 0,2%
7. Libya 0,3%
8. Haiti 0,3%
9. Irak 0,4%
10. Afganistan 0,5%

Menjaga dan Melestarikan HUtan adalah Tugas Kita Semua, Demi Keberlangsungan Bumi yang Kita Cintai ini. [] Greeners.co, foto, ilustrasi.

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.