Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, Jakarta -- Very Large Telescope milik European Southern Observatory (ESO) di Chile akan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa lebih efektif mencari planet-planet layak huni di Alpha Centauri, sistem bintang terdekat dengan Bumi.

ESO menyatakan telah menandatangani kesepakatan dengan Breakthrough Starshot, perusahaan yang akan mengerahkan ribuan pesawat antariksa mungil untuk melakukan perjalanan ke sistem bintang itu dan mengirim kembali gambar-gambar.

Starshot, yang didukung miliarder internet Yuri Milner dan fisikawan Stephen Hawking, akan menyediakan pendanaan yang dibutuhkan guna melengkapi Very Large Telescope, yang mempelajari adaptasi pemanfaatan mid-infrared untuk mendeteksi planet-planet redup menurut ESO dalam pernyataan pada Senin.

ESO menyatakan adaptasi itu akan menghasilkan efek pengurangan keterangan cahaya bintang yang menenggelamkan planet-planet yang relatif redup, meningkatkan peluang untuk menemukan mereka.

Minat menjelajahi tetangga terdekat matahari meningkat sejak para ilmuwan tahun lalu mengumumkan bahwa mereka menemukan bukti mengenai planet seukuran Bumi mengelilingi Proxima Centauri, satu bintang dalam sistem Alpha Centauri.

Teleskop yang lebih besar direncanakan untuk 2020 - seperti Extremely Large Telescope milik ESO, yang sekarang sedang dibangun di Chile - mestinya akan memberi peneliti lebih banyak informasi mengenai jumlah dan sifat exoplanet.

ESO adalah organisasi astronomi yang didukung oleh 16 negara di Eropa dan Amerika Selatan dan berada di Chile, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters. [] antaranews.com, photo : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.