Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU - Beginilah pemandangan di taman depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang, jumat (12/01). Hampir setiap hari terutama di sore hari selalu ada beberapa ekor sapi yang memangkas gratis rumput taman yang dibangun Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Aceh Tamiang.

Seorang warga yang kebetulan sedang berada dipinggir jalan taman RSUD, kepada TamiangNews.com mengatakan memang hampir selalu ada sapi di taman ini, sapi-sapi ini milik warga di sekitar RSUD, sebutnya.

Dengan kondisi seperti ini pantas masyarakat mempertanyakan, adakah instansi di Aceh Tamiang ini yang salah satu tupoksinya mengurus ternak yang berkeliaran?

Karena ternak sapi yang berkeliaran ini di samping dapat merusak tanaman-tanaman yang ada di taman yang dibeli dan dibangun menggunakan uang negara ratusan juta rupiah, keberadaan sapi juga dapat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Ismawati SP, Kabid Pertamanan BLHK yang dihubungi TamiangNews.com mengatakan, taman depan RSUD dibangun dan pemeliharaan atau perawatannya juga oleh BLHK, tetapi urusan ternak yang selalu berkeliaran di taman itu bukan bagian dari tupoksi BLHK, apalagi di luar jam kerja.

"Kami sudah sangat sering melihat dan mendapati adanya sapi di taman depan RSUD, kami juga sering mengusirnya karena banyak tanaman atau pohon yang rusak atau terkelupas kulit batangnya akibat gesekan ternak sapi", ungkap Ismawati.

Ia juga menyayangkan masih rendahnya kesadaran warga pemilik ternak yang tidak mau menjaga dan memeliharan ternaknya dengan tidak harus berkeliaran di taman. Ismawati juga berharap ada instansi tekhnis yang serius ikut mengurusi ternak-ternak yang berkeliaran di taman depan RSUD, sehingga bunga-bunga dan tanaman yang ada di taman tidak rusak. [] TN-W001

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.