Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, LANGSA -- Penyesuaian dan perampingan perangkat organisasi pemerintahan serta perubahan nama-nama SKPK, Pemerintah Kota Langsa dinilai sangat responsif.

"Ini merupakan bentuk responsif Pemko Langsa dalam menjawab perintah Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah," kata Ketua Asosiasi Dosen Aceh(ADA) Amiruddin Yahya, kepada MedanBisnis, Minggu (8/1).

Penyesuaian itu, menurut Amiruddin, bersifat positif karena penyesuaian dan perampingan ini dilihat dari variabel umum yakni, jumlah penduduk, luas wilayah dan APBK. Sehingga SKPK dibagi dalam tipologi A, B dan C. Tentu tipologi ini akan berpengaruh pada efektifitas dan efesiensi pelayanan perangkat daerah terhadap masyarakat.

Bahkan, tipologi ini juga akan lebih memudahkan dalam memetakan beban kerja masing-masing SKPK dalam menjalankan tupoksinya Sehingga, nantinya pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik dan tepat sasaran.

"Ini adalah perintah undang-undang dan tidak hanya berlaku untuk kota Langsa saja. Akan tetapi berlaku untuk seluruh pemerintahan daerah di Indonesia," ungkap Emi, panggilan akrab Amiruddin Yahya.

Kemudian, kata tokoh muda Kota Langsa ini, penentuan untuk perampingan dan penyesuaian SKPK di Langsa dilakukan dengan musyawarah melalui lembaga legislatif yang kemudian dituangkan dalam Qanun Kota Langsa Nomor 10 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Langsa.

Tentu, kita menaruh apresiasi kepada Pemko Langsa dan DPRK telah menyesuaikan dengan UU dan Peraturan Menteri dalam negeri.

Dengan adanya pengelompokkan SKPK berdasarkan tipologi ini, sambungnya, maka akan lebih memudahkan SKPK dalam mengukur dan merumuskan program kerja serta besaran anggaran yang akan diterima sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik. Sebab, tujuan dari pemerintahan adalah untuk mewujudkan kemakmuran dan keadilan kepada masyarakat.

"Kita harapkan SKPK yang baru dengan tipe baru harus lebih energik dan termotivasi dalam pencapaian tujuan Pemerintahan Kota Langsa," harapnya.

"Saya kira penyesuaian dan perampingan ini harus disambut positif karena hal ini menunjukkan bentuk dinamis dari administrasi pemerintahan dan terus menerus akan berubah dalam rangka menyesuaikan dengan kebutuhan dan sistem pelayanan kepada masyarakat," pungkas Amiruddin Yahya yang baru meraih gelar doktor. [] medanbisnisdaily.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.