Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, INDIA -- menjadi maskapai pertama dan satu-satunya di dunia yang memisahkan tempat duduk antara pria dan wanita. Kebijakan itu diambil menyusul serangkaian serangan seksual oleh penumpang pria terhadap wanita dalam penerbangan India.

Terhitung sejak 18 Januari 2017, enam kursi di kelas ekonomi akan dikhususkan bagi penumpang wanita yang bepergian sendiri. "Sebagai operator penerbangan nasional, kami merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan tingkat kenyamanan para penumpang wanita," kata Meenakshi Mali, petinggi Air India.

Menurut Mali, banyak penumpang wanita yang bepergian sendiri sehingga Air India perlu memberikan kursi khusus tanpa ada biaya tambahan. Seperti dilansir News.com.au pada 16 Januari 2017, mengutip laporan Times of India, langkah ini dilakukan setelah insiden serangan seksual oleh seorang pria terhadap penumpang wanita dalam penerbangan dari India ke Newark, Amerika Serikat, pada Desember 2016.

Pria yang merupakan penumpang kelas bisnis itu berpindah tempat duduk ke sebelah seorang wanita di kelas ekonomi. Dia lalu meraba-raba wanita yang tengah tertidur itu. Kurang dari dua minggu setelah kejadian itu, seorang pria paruh baya ditangkap ketika seorang sosialita mengeluh dianiaya dalam penerbangan dari Oman ke Delhi.

Selain kursi khusus untuk wanita, pihak maskapai menyediakan borgol plastik di semua penerbangan untuk menahan penumpang yang berbuat di luar kewajaran. Langkah ini diambil setelah terdapat dua serangan baru-baru ini, termasuk terhadap seorang pramugari.

Sebelumnya, tempat duduk khusus wanita di transportasi umum di India juga disediakan di kereta jarak jauh dan bus umu. [] goaceh.co, photo : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.