Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, BANDA ACEH – Aceh kembali mendapat kepercayaan besar pariwisata Indonesia. Oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Indonesia, Kota Sabang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan sail Indonesia 2017.

Kota yang berada di Pulau Weh ini terpilih karena merupakan salah satu ikon wisata bahari nasional yang dimiliki Aceh. Sabang juga merupakan pintu masuk wisman di gerbang barat nusantara.

“Alhamdulillah atas terpilihnya provinsi Aceh sebagai penyelenggaraan sail 2017. Kami siap melaksanakan tugas ini,” tegas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi seperti dilansir situs disbudpar.acehprov.go.id

Meskipun pelaksanaan even tersebut baru akan berlangsung 1-7 Desember mendatang, namun pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Di lingkup internal, Reza memaparkan sudah menginventarisir, menata, dan memperbaiki berbagai fasilitas umum guna persiapan even akbat tersebut.

Ia bersyukur berbagai pihk menyumbangkan kontribusi menyukseskan hajatan berskala nasional tersebut.

Sebut saja Pembangunan Museum dan Kilometer Nol oleh Mendikbud, revitalisasi bandara, pelbuhN dan air bersih oleh BPKS dan Kemenhub, seminar dan pameran internasional oleh LIPI dan BPPT, pusat riset oceonografi, dua kapal survei dan satu kapal pemuda nusantara. Ada lagi satu bis air dan aneka perlombaan terjun payung dan aerobatik internasional, berikut pembangunan hotel oleh Media Grup.

Kemenpar sendiri akan mengundang INNA Group untuk mengelola sejumlah objek wisata Sabang Sail 2017 serta melakukan promosi wisata dengan video berdurasi 30 detik di TV internasional.

Targetnya adalah lonjakan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Saya telah berkoordinasi dengan gubernur Aceh dan semua stakeholder di Aceh. Disbudpar selaku leading sektor juga telah menyelenggarakan rapat koordinasi sail 2017,” tambah Reza.

Rencananya sail puncak Sabang 2017 akan dilaksanakan di teluk Sabang, sementara arena Sabang Fair dipersiapkan sebagai penyelenggaraan Sabang Wonderful Expo dan Marine Expo, Gapang Resort dan lokasi Kilometer Nol Indonesia.

Pelaksanaan Sail Sabang 2017 akan mempersembahkan sejumlah atraksi di antaranya yacht rally, seminar dan pameran Iptek, kapal pemuda nusantara, pekan kebudayaan Aceh, parade dan karnaval sail Sabang, work parachute championship, international aerobatic show, cruise ship international, dan international diving competition.

Seperti diketahui, sejumlah kementerian dari beberapa kementerian telah menyepakati sail Indonesia 2017 diselengarakan di Sabang.

Ada pun tuan rumah sail sebelumnya yaitu Morotai-Maluku Utara (2012), Komodo-Nusa Tenggara Timur (2013), Raja Ampat-Papua Barat (2014), dan sail Tomini-Sulawesi Tengah Oktober 2016.

Nah! Buat kamu yang mau pelesiran ke ujung barat Indonesia, jangan sampai ketinggalan. Catat waktu dan agendanya ya guys. [] aceh.tribunews.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.