Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KESEHATAN -- Pernahkah Anda makan buah srikaya? Gimana rasanya, legit dan menyegarkan, bukan? Buah srikaya ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari negara tropis seperti hal nya Indonesia. Di negara kita sendiri, buah srikaya sangatlah mudah untuk didapatkan. Selain mempunyai rasa yang enak, buah yang mempunyai nama latin Annona squamosa ini ternyata menyimpan segudang manfaat lho untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat buah srikaya untuk kesehatan? Eiittt….tunggu dulu, masih ada beberapa hal lagi yang ingin disampaikan mengenai buah yang satu ini.

Di Indonesia, buah srikaya itu banyak sekali namanya. Ada sebagian orang yang menyebutnya serba bintang, seraikaya, surikaya, serkaya, sarikaya, delima bintang, srikawis, sarkaja, serakaja, garoso, dan masih banyak lagi namanya. Namun yang pasti, buah yang menjadi ciri khas daerah tropis ini mempunyai bentuk yang bila dilihat secara sekilas ternyata mirip sekali dengan buah sirsak.

Banyak sekali kandungan nutrisi penting yang tersimpan dalam buah srikaya ini. Beberapa nutrisinya meliputi karbohidrat, protein, lemak, kalsium, posfor, zat besi, magnesium, niasin, potasium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya, maka tidaklah mengherankan kalau buah srikaya mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan. Berikut 10 macam manfaat buah srikaya :

1. Baik untuk kehamilan
Seseorang yang sedang menjalani masa kehamilan tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah srikaya. Karena, buah srikaya bermanfaat untuk kesehatan otak, sistem kekebalan tubuh, dan juga sistem saraf. Selain itu, buah srikaya juga mampu menurunkan risiko keguguran.

2. Menambah berat badan
Bilamana Anda ingin berat badan meningkat tentunya dengan cara yang sehat, maka konsumsilah buah srikaya. Hal ini dikarenakan buah srikaya dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Makanan menyegarkan biasanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dan ini ternyata berlaku juga untuk buah srikaya. Kandungan tembaga dan kaya akan serat membuat buah ini dapat melancarkan buang air besar sekaligus menyehatkan sistem pencernaan.

4. Menjaga kesehatan jantung
Buah srikaya mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya serangan penyakit jantung.

5. Menjaga tekanan darah
Tekanan darah seseorang dapat dikendalikan dengan mengonsumsi buah srikaya secara rutin. Srikaya mengandung potasium dan magnesium yang akan membantu menjaga tekanan darah supaya tetap dalam keadaan normal.

6. Mengobati anemia
Selain memiliki kandungan zat besi, buah srikaya juga mempunyai fungsi sebagai stimulan, haemantic, dan juga ekspektoran. Ketiga fungsi tersebut tentu bermanfaat untuk membantu mengobati anemia.

7. Mencegah arthritis
Didalam buah srikaya terdapat magnesium yang mampu menyeimbangkan kadar air didalam tubuh sehingga bermanfaat untuk menghilangkan rasa asam dari sendi yang merupakan penyebab timbulnya arthritis.

8. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Tidak banyak yang tahu bahwa buah srikaya itu ternyata bermanfaat untuk kesehatan gigi dan juga mulut Anda. Terutama pada bagian kulit srikaya yang memang dapat membantu mengurangi sakit gigi dan gusi.

9. Menyehatkan mata
Buah srikaya mempunyai kandungan vitamin C dan riboflavin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk melindungi terjadinya kerusakan penglihatan yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Menurunkan kolesterol
Salah satu hal yang dapat mengancam kesehatan jantung Anda adalah tinggi kolesterol. Untuk menurunkan kadar kolesterol, bisa dicoba dengan mengonsumsi buah srikaya. Kandungan serat dan niasin didalamnya bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sudah tahukan manfaat utama buah srikaya untuk kesehatan? Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi buah srikaya hari ini, ya. [] sehatkancantik

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.