Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, BANDA ACEH -- Senator asal Aceh, H. Sudirman (Haji Uma) mengingatkan tentang pentingnya penerapan muatan lokal sebagai bahan ajar dan kurikulum di sekolah-sekolah di Aceh.

"Muatan lokal ini penting digalakkan sebagai upaya memperkuat pengetahuan serta menyelamatkan budaya keacehan," ungkap Haji Uma saat mengisi ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW, di SMA Negeri 1 Seuruway, Aceh Tamiang, Sabtu (14/1/2017).

Selain dihadiri siswa-siswi dan guru SMA 1 Seuruway, peringatan maulid ini juga dihadiri Ketua PGRI Kecamatan Seuruway beserta para guru yang tergabung dalam ikatan PGRI Kecamatan Seuruway dan Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam ceramahnya di hadapan sekitar seribuan jamaah yang hadir, H Sudirman mengajak meneladani Rasulullah dari sejarah, nilai pendidikan, dan budaya.

"Bangsa ini akan besar dan berjati diri kalau kita tau sejarah, karena kita memiliki landasan dalam berpijak dan menentukan langkah ke depan," ujarnya.

Sedangkan nilai pendidikan akan membuat kita punya konsep yang jelas dalam menentukan kebijakan dalam berbagai hal. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah yang mewajibkan umatany menuntut Ilmu.

"Sementara aspek Budaya adalah manifestasi nilai dan ajaran Islam yang menjadi konstruksi budaya Aceh," ujarnya.

Haji Uma juga menyinggung soal pengaruh globalisasi yang telah ikut berdampak terhadap tatanan budaya dalam kehidupan sosial masyarakat saat ini.

"Karena itu, adalah tanggung jawab kita semua terutama generasi muda untuk mempertahankan nilai budaya keacehan yang berlandaskan nilai keislaman," ujarnya.

Haji Uma juga mengharapkan agar para pelajar sebagai generasi muda harus memiliki tujuan hidup dan mencintai Alquran, serta menjauhi pengaruh narkoba.

Dalam kesempatan itu, Haji Uma menyumbang 50 zak semen untuk Mushalla SMA 1 Seruway yang sedang dalam proses pembangunan. [] tribunnews.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.