Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, JAKARTA --Informasi bencana yang berkaitan dengan lalu lintas seperti banjir, kecelakaan, kebakaran dan pemadaman arus listrik kini tidak hanya didapatkan melalui media sosial namun juga aplikasi.

Aplikasi lalu lintas Waze misalnya, dapat memberi informasi mengenai kecelakaan yang terjadi berdasarkan laporan real-time penggunanya.

Google Maps kini juga dilengkapi fitur untuk mengetahui kepadatan lalu lintas, warna hijau berarti lancar dan merah macet parah.

Zurich Insurance Indonesia membuat aplikasi Z-Alert, yang memuat informasi yang berkaitan dengan bencana yang berkaitan dengan lalu lintas dan mengirimkan notifikasi pada penggunanya.

Informasi mengenai bencana yang ada di aplikasi ini umumnya juga didapat melalui media sosial seperti di Twitter, misalnya ruas jalan yang terkena banjir hingga cuitan jalur alternatif yang disarankan agar terhindar dari banjir.

Aplikasi yang diluncurkan Jumat (16/12) ini memberi notifikasi pada penggunanya bila ada insiden seperti yang disebutkan di atas sekitar dalam radius 2 kilometer.

Direktur Korporat dan Komersial PT Zurich Insurance Indonesia Wirahadi Suryana mengatakan mereka mengkurasi informasi dari media sosial, situs berita, radio maupun televisi untuk pengguna Z-Alert, selain menerima laporan langsung dari user.

Informasi tersebut kemudian diverifikasi sebelum akhirnya muncul di aplikasi.

Selain itu, pengguna dapat mengetahui letak bengkel terdekat bila kendaraan mereka mengalami masalah, melalui fitur workshop.

Tetapi, aplikasi ini belum memberikan jalur alternatif bila jalan yang dilalui terkena bencana dan saat ini hanya dapat digunakan di Jakarta.[] antaranews.com, photo : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.