Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, HEALTH - Anak yang mendengarkan musik sambil menari atau bernyanyi tak hanya membuat suasana ceria. Kegiatan tersebut ternyata sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Psikolog anak Roslina Verauli mengungkapkan, musik dan tari dapat menstimulasi anak menjadi cepat tanggap (IQ) dan meningkatkan rasa peduli (EQ).

"Ternyata mendengarkan musik, bernyanyi membuat semua area otak terstimulasi," kata Vera dalam acara Bebelac Bebehero di Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Vera mengungkapkan, mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Terutama jika terjadi komunikasi timbal balik antara orangtua dan anak. Stimulasi pun akan semakin optimal, jika mendengarkan musik sambil menari.

Saat menari, akan terjadi gerakan tubuh yang saling terkoordinasi. Dengan begitu, dapat merangsang hormon neurotrophins. Hormon tersebut merupakan zat alami yang merangsang pertumbuhan sel saraf.

"Sel saraf pada otak akan terkoneksi. Hal ini membuat anak siap belajar atau maksudnya mudah menerima stimulasi yang diberikan oleh orangtua dan lingkungannya," jelas Vera.

Menari pun melatih motorik hingga keseimbangan anak. Lebih dari itu, kegiatan mendengarkan musik sambil menari juga bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi emosional anak. Misalnya, anak jadi lebih memiliki empati, sikap saling menolong, hingga mampu bekerja sama dengan orang lain.

Untuk mendapat manfaat tersebut, orangtua harus menstimulasi anak sambil bernyanyi dan menari dengan cara yang menyenangkan.

Contohnya, anak bisa diajari menirukan gerakan tari lagu L.O.V.E dari Hi-5. Gerakan menari ini pun menjadi kampanye Grow Them Great BebeHero Hi5.

Tak hanya anak-anak, orangtua juga bisa ikut menari bersama anak. Waktu bermain sambil menari itulah yang membuat orangtua dan anak memiliki waktu berkualitas bersama.

Menstimulasi anak dengan bernyanyi dan menari dapat dimulai sejak usia 2 tahun. Sambil mendengarkan musik, anak-anak biasanya ikut spontan bergoyang. [] kompas.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.