Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, JAKARTA -- Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri me-launching elektronik tilang atau e-tilang, dan aplikasi SIM online, di kantor Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, pagi ini.

Kabidbin Gakkum Korlantas Polri, Kombes Chryshnanda mengatakan, dengan adanya e-tilang diharapkan pihaknya dapat membangun pelayanan prima kepada masyarakat

"Pelayanan cepat, tepat, akurat, akuntabel, transparan, dan informatif mudah di akses dalam proses. Ini bagaimana kita meningkatkan kualitas, keselamatan, menurunkan korban kecelakan. Karena semua sistem ini akan berkaitan. Pada sim online akan berkaitan pada sistem pendataan," kata Chryshnanda kepada wartawan, di Satpas Daan Mogot, Jumat (16/12/2016).

Menurutnya, dengan adanya e-tilang, dan sim baru online ini dapat membantu pelayanan pihak kepolisian kepada masyarakat dengan cepat dan tepat.

"E-tilang adalah program atau proses penindakkan. Ketiga sistem ini akan saling terkait, bagaimana berupaya mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Karena kita juga menyadari, bahwa lalu lintas ini urat nadi kehidupan," sambungnya.

Chryshnanda menuturkan, pada mekanisme e-tilang tersebut tidak berbeda jauh dengan tilang biasanya. Hanya saja pada e-tilang ini, para pelanggar dapat menitip denda tersebut kepada bank-bank yang telah bekerja sama dengan pihak kepolisian, dan tanpa mengikuti jalannya proses persidangan.

"Mekanismenya pada prinsipnya, pada e-tilang ini masih sama lah dengan yang lain. Dapat titip denda tilang tanpa sidang pengadilan," sambungnya.

Selain itu, menurutnya, program e-tilang ini merupakan inisiatif pihak Polri untuk meminimalisir adanya pungutan liar (pungli) yang terjadi di masyarakat.

"Ini adalah inisiatif anti korupsi, dan ini inisiatif birokrasi," tegasnya.

Menurutnya, yang lebih menguntungkan dengan adanya program e-tilang ini, masyarakat dapat mengunduh aplikasinya melalui handphone canggih milik masing-masing.

"Semua sudah (seluruh Indonesia) online, semua bank bisa. Bahwa sistem ini sebagai upaya meningkatkan kualitas keamanan dalam berlalu lintas," pungkasnya.

Menurut Pantauan di kantor Satpas SIM, Kapolri Jenderal Tito Karnavian tiba di kantor Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat sekira pukul 08.00 WIB. [] okezone.com, photo : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.