Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, DEPOK -- Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin harga bahan pangan akan segera stabil sebelum datangnya Natal dan Tahun Baru 2017.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya yakin harga bahan pangan pokok akan kembali stabil dalam 14 hari ke depan.

“Kami yakin harga pangan, khususnya cabai, akan segera turun dalam dua minggu ke depan,” ujar Agung saat pertemuan dengan Forum Wartawan Pertanian di Depok, Jawa Barat, Jumat (9/12/2016).

Agung menambahkan, fluktuasi harga yang terjadi saat ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan kinerja produksi di dalam negeri.

“Produksi aman, mulai dari beras, jagung, cabai, semuanya. Yang membuat harga tinggi saat ini adalah karena proses distribusi yang masih menjadi persoalan,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, proses pengiriman barang dari sentra produksi ke lokasi-lokasi tujuan yang kurang cepat membuat persediaan barang di pasar terhambat sehingga harganya menjadi tinggi.

“Masalahnya memang sekarang armada yang kurang memadai. Tetapi ada juga pihak-pihak yang berupaya untuk menahan-nahan persediaan agar tidak segera tiba di pasar,” papar Agung.

Untuk mempercepat turunnya harga pangan, ia juga mengatakan pihaknya akan segera melakukan operasi pasar seperti yang sebelumnya digalakkan saat menjelang dan setelah Ramadan dan Lebaran.


Operasi pasar akan kita lakukan, mungkin semnggu sebelum Natal. Khususnya semua bahan pangan yang harganya lagi seksi,” jelasnya.

Sementara itu, Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura tengah melakukan upaya guna mengamankan pasokan cabai jelang akhir tahun dan memasuki awal 2017.

Adapun Ditjen Hortikultura membagikan 280.000 polybag pohon cabai siap berbuah, serta benih cabai di semua daerah sentra untuk tanam bulan Oktober dan November guna mengamankan kebutuhan Desember sampai April 2017.

Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta, Jumat (9/12/2016), harga cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati mencapai Rp50.000 per kilogram (kg), naik Rp6.000 per kg dari hari sebelumnya.

Adapun, bawang merah juga mengalami kenaikan Rp1.000 dari hari sebelumnya, menjadi Rp23.000 per kg. [] Kompas.com, photo : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.