Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KUALASIMPANG -- Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) harus mampu membangkitkan koperasi yang ada dari keterpurukan. Untuk bisa kembali menghidupkan koperasi itu sendiri, Dekopin juga tetap menjalin dan membangun kerjasama dengan pemerintah dalam melaksanakan tugas serta fungsinya, terutama program kerja yang telah direncanakan.

"Bila ada koperasi yang tidak bergerak di suatu daerah, maka garis kemiskinan bagi daerah tersebut tidak akan pernah dapat ditekan," ujar Ketua Dekopin Wilayah Provinsi Aceh Mahdi Bahtera, usai melaksanakan prosesi pelantikan pengurus Dekopinda Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (10/12), yang berlangsung di aula Sekolah Menengah Islam Pertama (SMIP) Kota Kualasimpang.

Mahdi berkeyakinan, bahwa dengan adanya Dekopin Aceh Tamiang nantinya akan mampu mencetak tenaga professional.

"Jadi tidak ada istilah belum memiliki kantor defenitif Dekopin kurang berwibawa dan membuat semangat kerja turun. Akan tetapi masih ada peluang untuk melangkah maju," katanya.

Menurutnya, tak kalah pentingnya, Dekopin Aceh Tamiang harus berjuang bersama-sama sehingga Dekopin benar-benar menjadi orang tua bagi koperasi yang ada.

"Yang perlu terus dilakukan yakni membuat laporan keuangan yang menyentuh, program dan kegiatan koperasi hingga berjalan sesuai pencapaiannya," katanya.

Mahdi berpesan kepada ketua dan pengurus Dekopin Aceh Tamiang untuk mengurangi kecurigaan satu sama lainnya.

"Mari kita hilangkan kecurigaan itu dan tidak ada rahasia antara ketua dengan anggotanya, termasuk juga sesama koperasi," harap Mahdi.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh Tamiang Rudianto menegaskan, bahwa tugas Dekopin ke depan tidaklah ringan. Terlebih dari 264 koperasi di kabupaten in,i sebanyak 20 di antaranya sudah dibekukan.

"Jadikanlah koperasi tulang punggung ekonomi kerakyatan dan keterbatasan sumber daya manusia harus dilakukan pembinaan kembali.

Apalagi saat ini pemerintah tidak dibenarkan lagi membantu dalam bentuk modal, melainkan dalam bentuk kegiatan," seru Rudianto, seraya mengatakan Dekopin memiliki peran sebagai pelindung dan membawa aspirasi dari koperasi.

Terpisah, Ketua Dekopin Aceh Tamiang Zulfiqar menyatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar koperasi yang ada di kabupaten ini dapat bangkit dari ketertinggalan dan menjadi lebih baik dari berbagai sisi sesuai dengan bidang yang digeluti oleh masing-masing koperasi. [] medanbisnisdaily.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.