Dilihat 0 kali

TamiangNews.com,- Di luar ukuran dan teknologi komponennya yang terus berkembang, bentuk sensor penangkap gambar pada segala jenis kamera digital relatif tak berubah. Melulu dengan bentuk persegi yang rata, mengikuti bentuk lembaran film analog dulu.

Namun beberapa pabrikan agaknya sedang mengembangkan inovasi terkait bentuk sensor kamera ini. Canon, misalnya, diketahui mematenkan rancangan sensor berbentuk melengkung.

Apabila diihat secara beririsan dari samping ilustrasi di dokumen paten Canon memperlihatkan sensor tersebut berbentuk cekung, mirip mangkuk, dengan bagian penangkap cahaya yang terdapat di sisi dalam.

Bukan cuma itu, berdasarkan keterangan yang dirangkum dari PetaPixel, Senin (12/11/2016), derajat kelengkungan dari sensor yang bersangkutan juga bisa diatur secara elektronik. Pengguna kamera bisa mengatur seberapa cekung sensor tersebut sesuai keinginan.

Sebelumnya, bulan lalu Canon juga mematenkan desain sensor kamera yang sama-sama melengkung, tapi tidak derajat lengkungannya bisa diatur secara elektronik.

Untuk apa pula sensor kamera dibuat melengkung? Bentuk melengkung (cekung) pada dasarnya lebih sesuai dengan bidang proyeksi gambar dari lensa yang memang cekung secara natural.

Mata manusia, misalnya, memiliki retina yang berbentuk melengkung di sisi belakang, tidak rata seperti pada sensor kamera konvensional ataupun lembaran film.

Dengan mengikuti bentuk proyeksi lensa ini, ada beberapa keuntungan yang dihasilkan. Misalnya, tingkat exposure di seluruh frame (bidang proyeksi) akan sama, tidak berbeda di pinggiran sehingga menghasilkan efek vignette (gelap di pojok-pojok).  Tingkat ketajaman gambar pun akan sama rata di seluruh frame.

Canon sendiri bukan pabrikan pertama yang mengembangkan sensor kamera melengkung. Dua tahun lalu, Sony pun telah mematenkan konsep serupa.[] Kompas.com, photo : Ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.