Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, SERUWAY -- Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia bahkan kini banyak dibudidaya dikawasan pesisir Aceh Tamiang tepatnya di Kecamatan Seruway Kampung Sungai Kuruk III dan juga di beberapa lokasi di Kampung Pekan Seruway.

Amatan TamiangNews.com Sabtu (17/12) di Kampung Sungai Kuruk III, tanaman buah naga yang ditanam dengan jarak 2m x 2 m dapat tumbuh dengan sangat baik dan subur. Sebuah hamparan luas dan hijau tanaman buah naga milik beberapa orang petani membuat mata terpikat bagi yang memandangnya seperti yang tampak dalam gambar.

Bahkan dengan potensi yang ada saat ini, ke depan Kampung Sungai Kuruk III yang selama ini mengandalkan sektor perikanan sebagai andalan mata pencaharian masyarakatnya, bukan tidak mungkin akan menjadi salah satu kampung lokasi Agrowisata baru di Kecamatan Seruway.

Akim (29) salah seorang masyarakat yang ikut membudidaya tanaman buah naga di Kampung Sungai Kuruk III mengatakan, menanam buah naga sangat menjanjikan secara ekonomi. Dengan harga yang terjangkau, buah naga dapat dipasarkan dengan mudah ke pasar buah di Kualasimpang atau di pasar buah yang ada di Kecamatan Seruway. Bahkan tidak jarang ada agen atau masyarakat yang langsung datang ke kebun buah naga untuk membelinya.

Konon lagi dibalik rasanya yang manis menyegarkan, Buah Naga ini juga kaya akan manfaat. Buah naga mengandung 90% air, vitamin C, serat, kalsium, zat besi, dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk penyakit darah tinggi (hipertensi). Daging Buah Naga yang berwarna merah juga sangat baik untuk memperbaiki penglihatan mata karena mengandung zat karotenoid. Fitokimia di dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko kanker. Kandungan serat dalam buah naga yang tinggi juga bermanfaat sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan terutama dapat memperlancar proses pencernaan. Kandungan vitamin C, beta karoten, kalsium juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Untuk areal luas 2 rante (40 m x 40 m) dapat menghasilkan 300 kg buah naga sekali panen (per dua pekan) atau mencapai Rp. 7 juta dalam sekali panen dengan harga jual ke pasar Rp. 25.000 per kilogramnya. Buah naga rata-rata mempunyai berat 2 atau 3 buah per kilogramnya. Saat ini budidaya tanaman buah naga semakin berkembang di Sungai Kuruk III, bahkan ada masyarakat yang rela menebang tanaman kelapa sawit untuk digantikan dengan tanaman buah naga", ungkap Akim.

Ini awal yang baik dimana masyarakat mulai sadar bagaimana memanfaatkan peluang pasar yang lebih menguntungkan secara finansial. Dengan semakin banyaknya petani yang terlibat, mudah-mudahan kedepan akan terbentuk lembaga atau Kelompok Tani Budidaya Buah Naga, sehingga akan ada keterlibatan pemerintah atau pihak lain dalam rangka penguatan masyarakat tani khususnya dalam hal budidaya buah naga. [] TN-W001

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.