Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, LANGSA -- Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Langsa, yang membawahi Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Aceh Tenggara, diserbu warga dari empat daerah tersebut, karena beredar isu bahwa tahun 2016 merupakan batas terakhir pengurusan kartu BPJS Kesehatan.

Akibatnya, setiap hari, hampir seratusan warga mendatangi kantor BPJS Kesehatan di Jalan Medan-Banda Aceh, Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, untuk mendaftarkan diri dan keluarganya.

Sementara, para staf di kantor BPJS ini tak siap menerima kunjungan sebanyak itu. Sehingga nomor antrean pun dibatasi hanya 80 orang/hari. “Saya datang dari Aceh Timur untuk mendaftar ke BPJS.

Tapi saat saya tiba, nomor antrean habis. Saya sangat kecewa, mengapa petugas Kantor BPJS Kesehatan ini membatasi jumlah warga yang dilayani,” ujar warga yang minta namanya tak ditulis itu.

Staf Hukum dan Komunikasi Eksternal BPJS Kesehatan Kota Langsa, Khairunnisa, mengatakan pihaknya mengeluarkan 80 nomor antrean setiap harinya.

“Jika 80 warga itu sudah terlayani, maka petugas tetap melayani masyarakat lainnya hingga selesainya jam kerja pukul 17.00 WIB,” ujarnya.

Terkait membludaknya jumlah warga yang datang ke BPJS sejak berapa waktu ini, menurut Khairunisa, disebabkan adanya kesalahan pemberian informasi oleh pihak desa atau keuchik kepada masyarakat.

Informasi diterima dari sejumlah warga, bahwa kepala desa mengatakan kepada warganya jika tidak mendaftar sekarang, maka tahun 2017 akan dikenakan denda kepada masyarakat.

Ada juga informasi lain yang menyebutkan, jika tak mendaftar tahun ini maka tahun 2017 mendatang masyarakat yang belum mendaftar BPJS Kesehatan, maka tidak bisa lagi mendaftar BPJS Kesehatan.

“Kedua informasi itu tidak benar, maka ini juga perlu diluruskan. Masyarakat jangan khawatir, kami akan tetap melayani mereka tanpa pungutan biaya, jika ada oknum memungut biaya boleh dilaporkan,” jelas Khairunisa.

Staf Hukum dan Komunikasi Eksternal BPJS Kesehatan Kota Langsa Khairunisa, bahwa BPJS Cabang Langsa juga membuka Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota (KLOK) untuk Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Kutancane. Oleh sebab itu warga tidak harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Langsa.

“Masyarakat bisa mendaftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS di daerahnya, karena kami juga membuka Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota (KLOK) untuk Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Kutancane,” jelasnya. [] tribunnews.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.