Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, JAKARTA -- Piala AFF (ASEAN Football Federation) edisi 2016, yang merupakan turnamen antarnegara di Asia Tenggara, segera dimulai pada 19 November 2016. Sebanyak delapan tim akan bertarung di putaran final, setelah babak kualifikasi sebelumnya yang digelar di Kamboja menyingkirkan Timor Leste, Laos, dan Brunei Darussalam dan meloloskan tuan rumah ke putaran final.

Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Filipina, juara bertahan Thailand, dan Singapura. Sedangkan Grup B diisi tuan rumah Myanmar, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja.

Melihat komposisi seperti itu, Indonesia harus melalui perjuangan berat untuk mencapai babak semifinal. Ketiga lawan di Grup A tidak ada yang ringan.

Thailand sepanjang sejarah selalu menjadi batu sandungan bagi skuat Merah Putih. Apalagi mereka kini berstatus sebagai juara bertahan.

Tuan rumah Filipina pun kini menjelma sebagai kekuatan raksasa di Asia Tenggara. Pada Piala AFV 2 tahun lalu mereka menggilas Indonesia dengan skor telak 4-0 yang menorehkan sejarah baru di mana pada masa lalu Filipina adalah lumbung gol bagi Indonesia.

Satu kontestan Grup A ialah Singapura. Meski mengalami penurunan prestasi selama 4 tahun terakhir dibandingkan dengan era 1998 serta 2004 hingga 2012, Indonesia belakangan selalu menemui kesulitan kala bertemu negeri jiran itu.

Singapura, yang ditukangi pelatih Varadaraju Sundramoorthy, mantan gelandang serang timnas berjuluk Singa, juga merupakan juara terbanyak Piala AFF yakni empat kali, sama dengan Thailand.

Alhasil, perjuangan Indonesia harus diakui akan menemui jalan terjal yang sangat berat dalam turnamen kali ini. Namun, selalu saja ada celah untuk melewati hadangan apa pun demi memelihara mencapai prestasi terbaik.

Hanya dua tim teratas masing-masing grup yang lolos ke semifinal yang akan digelar secara home and awal dengan sistem silang di mana juara Grup A jumpa runner up Grup B, sebaliknya juara Grup B meladeni runner up Grup A.

Pertandingan leg pertama semifinal digelar pada 2-4 Desember, sedangkan leg kedua digeber pada 7-8 Desember. Final dijadwalkan berlangsung juga dua leg kandang-tandang pada 14 dan 17 Desember 2016.

Semua pertandingan skuad Merah Putih akan ditayangkan tayangan secara langsung RCTI. Berikut jadwal lengkap pertandingan fase grup (dalam WIB):

Grup A:

Sabtu, 19 November:
15:30 Indonesia vs Thailand
19:00 Filipina vs Singapura

Selasa, 22 November:
15:30 Thailand vs Singapura
19:30 Indonesia vs Filipina

Jumat, 25 November:
19:00 Indonesia vs Singapura
19:00 Filipina vs Thailand

Grup B:

Minggu, 20 November:
15:30 Malaysia vs Kamboja
18:30 Myanmar vs Vietnam

Rabu, 23 November:
15:30 Malaysia vs Vietnam
18:30 Kamboja vs Myanmar

Sabtu, 26 November
18:30 Vietnam vs Kamboja
18:30 Myanmar vs Malaysia. [] Tempo.co

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.