Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, HEALTH - Ketenangan pikiran bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya pilihan makanan saat sarapan.

Kebanyakan orang tidak ambil pusing tentang apa yang harus mereka makan untuk sarapan, kata Shanna Levine, MD, ahli penyakit dalam di Mount Sinai School of Medicine. Padahal, sarapan tak hanya berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh, tetapi juga pikiran.

Saat sedang bergegas ke kantor atau menghadiri rapat, Anda berpikir donat bisa menjadi pilihan cepat. Sayangnya, itu bukanlah pilihan tepat.

“Donat hanya mengandung karbohidrat sederhana yang dipenuhi oleh gula. Jika bahan bakar utama yang didapat tubuh di pagi hari adalah karbohidrat sederhana, itu bukanlah sumber energi yang efisien," katanya.

"Anda justru akan merasa lebih lapar setelahnya karena donat sangat mudah dicerna. Kandungan gula yang tinggi, membuat tubuh bekerja ekstra untuk mengolahnya, sehingga Anda juga akan merasa lelah lebih cepat”

Padahal, lanjutnya, jika Anda tidak memiliki cukup energi untuk melewati hari yang penuh tantangan fisik maupun pikiran, akan sangat sulit untuk menjaga pola pikir yang sehat. Sehingga, Anda lebih mudah tersulut emosi, stres, bahkan depresi.

Cara mengatasinya, pilih sarapan yang tinggi protein dan lemak sehat untuk memulai hari yang padat, Levine merekomendasikan.

Segelas Smoothie buah-buahan tanpa gula atau sandwich gandum dengan telur dan alpukat, akan membuat tubuh serta pikiran sama-sama sehat. [] kompas.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.