Dilihat 0 kali

TamiangNews.com --  Timnas Filipina merupakan salah satu calon kuat juara Piala AFF 2016. Hal itu berkaca pada kiprah Azkals dalam tiga edisi terakhir turnamen paling akbar se-Asia Tenggara ini.

Meski belum sekalipun meraih gelar, tim yang kini diarsiteki Thomas Dooley selalu lolos hingga babak semifinal sejak 2010 lalu. Berturut-turut Filipina disingkirkan Indonesia (2010), Singapura (2012), dan Thailand (2014).

Saat ini, Phil Younghusband dan kawan-kawan punya kans memperbaiki catatan tersebut karena didukung materi pemain yang bagus dan juga keuntungan bermain di kandang sendiri. Filipina berada satu grup dengan Indonesia, Thailand, dan Singapura.

Skuat Filipina yang merupakan kombinasi pemain keturunan dan naturalisasi memang terbilang mentereng. Maklum, hampir di setiap lini Timnas Filipina diisi oleh pemain dengan kualitas skill di atas rata-rata.
Mulai dari kiper muda Nick O'Donell, bek Kenshiro Daniels, gelandang Manuel Ott, Martin Stueble hingga sang kapten tim, Phil Younghusband adalah pemain keturunan yang punya kemampuan apik.

Satu fakta menarik pun tersaji saat Dooley memanggil 21 pemain untuk laga melawan Korea Utara pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Dari 21 pemain itu hanya delapan pemain yang lahir di Filipina.

Fakta itu menjadi bukti betapa Filipina amat bergantung pada kemampuan para pemain keturunan dan naturalisasi untuk mengukir prestasi di pentas internasional, termasuk Piala AFF 2016.

Sejauh ini, kebijakan yang diambil Dooley berdampak positif dengan pencapaian Filipina di ranking FIFA. Dalam rilis ranking FIFA pada Oktober 2016, Filipina nangkring di posisi ke-125 sekaligus menjadi tim Asia Tenggara nomor satu di ranking FIFA.

Posisi Filipina ini sangat kontras dengan yang terjadi tahun 2006. Ketika itu, Filipina yang masih belum menjadi salah satu tim kuat di Asia Tenggara berada di ranking ke-196, peringkat FIFA terbuka dalam sejarah sepak bola Filipina.

"Saya merasa senang, tapi hal seperti itu hanya memberikan kekuatan secara moral. Itu hanya sebuah nilai positif buat kami," kata Dooley.

Terlepas dari materi skuat yang oke, Filipina masih punya pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Hal ini seiring hasil negatif dalam dua laga uji coba terakhir lantaran takluk dengan skor identik 1-3 dari Bahrain dan Korea Utara.

Dengan waktu turnamen yang sudah semakin dekat, Filipina wajib memperbaiki penampilan demi misi mencetak sejarah baru sepanjang partisipasi mereka di Piala AFF dengan menembus laga final Piala AFF 2016.

DATA TIM

Tim : Filipina
Julukan : Azkals
Pelatih: Thomas Dooley
Kapten: Phil Younghusband
Most caps: Phil Younghusband (80 pertandingan)
Top scorer: Phil Younghusband (42 gol)
Prestasi: Semifinalis Piala AFF 2010, 2012, 2014, Runner-up AFF Challenge Cup 2014, Peringkat Ketiga AFF Challenge Cup 2012

Daftar Skuat Sementara
Patrick Deyto (Global), Roland Muller (Ceres), Nick O'Donell (Global), Junior Munoz (Kaya), Amani Aguinaldo (Global), Kenshiro Daniels (Kaya), Dominic del Rosario (Kaya), Mike Ott (FC Nuernberg II), Luke Woodland (Oldham Athletic), Iain Ramsay (tanpa klub), Manuel Ott (Ceres), Dennis Villaneuva (Global), Kevin Ingreso (Ceres), Stephan Schrock (Ceres), Simon Greatwich (Loyola), Daniel Gadia (Loyola), OJ Porteria (tanpa klub), Martin Steuble (Ceres), James Younghusband (Loyola), Paolo Bugas (Global), Fitch Arboleda (Stallion), Misagh Bahadoran (Global), Phil Younghusband (Loyola) [] Bola

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.