Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Tingginya aktivitas masyarakat dalam budidaya ikan lele, dan manfaatnya sudah banyak dirasakan, memotivasi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tanah Berongga, Kampung Kebun Tanjung Seumantoh, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, menggelar Festival Kampung Lele yang dilaksanakan baru-baru ini.

Bahkan, mewujudkan Kampung Kebun Tanjung Seumantoh sebagai sentra budidaya ikan iele menjadi cita-cita yang ingin diwujudkan dengan aksi nyata.

"Melalui Festival Kampung Lele, semoga usaha bisa saling menyemangati antar Pokdakan dan media publikasi tentang kegiatan yang selama ini ditekuni," kata Sugiono selaku pendamping dalam kegiatan tersebut kepada MedanBisnis, Minggu (20/11) di Karang Baru.

Sugiono menjelaskan, Pokdakan Tanah Berongga sebagai pelopor berbudidaya ikan lele dan olahan produk turunan, yang telah sukse melaksanakan Festival Kampung Lele, bekerjasama dengan Bappeluh, Dinas Kelautan dan Perikanan, PT Pertamina EP Field Rantau, LP2K dan KTNA Kabupaten Aceh Tamiang.

Dikatakannya, dalam aneka perlombaan dikemas dan diselengarakan secara menarik dan menghibur, seperti lomba lagu plesetan bertemakan lele yang diikuti oleh 13 peserta, diiringi dengan keyboard dan guitar.

Peserta menyanyikan lagu populer yang liriknya sudah diubah kental keterkaitan dengan lele, disertai dengan joged khas bergayakan lele.

"Dewan juri dari dari unsur LP2K, PT Pertamina dan musisi Aceh Tamiang," kata Sugiono.Lanjutnya, pada Lomba lagu plesetan bertemakan tentang lele, lomba kelompencapir seputaran ikan lele, aturan lomba masing-masing kelompok mendapatkan soal dan pertanyaan rebutan.

"Dan ada juga lomba masakan olahan berbahan baku ikan lele serta lomba memancing. Panitia memberikan dukungan berupa piala dan uang pembinaan," ujar Sugiono.Menurutnya, Festival Kampung lele merupakan event perdana yang diselenggarakan di Kabupaten Aceh Tamiang.

"Para peserta sangat antusias sehingga suasana tampak meriah," ujar Sugiono yang juga LP2K Implementator CSR PT Pertamina EP Field Rantau, sebagai pendamping Pokdakan Tanah Berongga.

Diharapkan acara ini dapat menjadi agenda yang berdampak percepatan cita-cita menjadikannya Kampung Kebun Tanjung Seumantoh sebagai sentra budidaya ikan lele.

Dan kegiatan ini juga sebagai media Pokdakan se-Aceh Tamiang untuk saling bertemu guna berbagi ilmu dan pengalaman. [] medanbisnisdaily.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.